Breaking News:

Berita Jember

Disindir PKS Soal Rp 5 Miliar untuk Club House Golf Glantangan, Bupati Jember Malah Tepuk Tangan

Perbaikan club house di lapangan golf kawasan Perkebunan Glantangan, Kecamatan Tempurejo itu dianggarkan di KUA-PPAS.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Bupati Jember Hendy Siswanto memperhatikan pembacaan pandangan akhir Fraksi PKS oleh Feni Purwaningsih, Kamis (18/11/2021) 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Ada satu alokasi dalam APBD Jember 2022 yang akhirnya lolos usai rapat paripurna di DPRD Jember, Kamis (18/11/2021) sore, yaitu anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk perbaikan club house lapangan golf Glantangan.

Perbaikan club house di lapangan golf kawasan Perkebunan Glantangan, Kecamatan Tempurejo itu dianggarkan di KUA-PPAS. Anggaran itu tetap berlanjut di Rancangan APBD 2022 meskipun sempat dikritik oleh fraksi PKS dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun sampai APBD disepakati bersama, anggaran tersebut tidak bergeser, atau diganti.

Dan saat pandangan akhir fraksi di sidang paripurna itu, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Jember menyindir anggaran perbaikan tersebut. Sindiran disampaikan melalui pantun oleh juru bicara Fraksi PKS, Feni Purwaningsih.

"Kami ada pantun, Pak Bupati. Musim hujan lindungi diri, jangan sumbat saluran dengan sampah. Katanya club house datangkan investasi, siah iyo tah?" ujar Feni.

Pantun tersebut menjadi penutup pandangan akhir (PA) Fraksi PKS. Bupati Jember, Hendy Siswanto melihat langsung kepada Feni ketika membacakan pantun untuk dirinya dan jajaran eksekutif Pemkab Jember. Mendapatkan lontaran pantun itu, Bupati Hendy malah tersenyum sambil bertepuk tangan.

Pembangunan club house Lapangan Golf Glantangan memang mendapatkan sorotan oleh beberapa fraksi, termasuk F-PKS. Feni yang membacakan PA fraksi mengatakan, F-PKS prihatin atas keluhan yang disampaikan masyarakat Jember kepada anggota dewan dari PKS ketika mereka melakukan reses.

Keluhan itu antara lain tidak meratanya program perbaikan infrastruktur yang memakai tahun anggaran jamak di APBD Jember (2021 dan 2022). Masyarakat menyampaikan aspirasi tersebut melalui anggota dewan untuk disampaikan kepada pemerintah.

"F-PKS mengingatkan kepada rekan-rekan DPRD bahwa kita adalah lembaga tinggi daerah yang memiliki marwah, mewakili suara rakyat Jember. Bukan sekadar alat untuk menstempel keinginan penguasa daerah seperti anggaran besar untuk club house Lapangan Golf Glantangan yang tidak bisa dinikmati masyarakat luas, dan belum tentu pula signifikan dampak yang dihasilkan dibanding effort biaya yang dikeluarkan," tegas Feni.

Tetapi reaksi Bupati Hendy tetap datar, dan ia menilai keberadaan lapangan olahraga prestisius itu sangat penting untuk kebangkitan pariwisata dan ekonomi.

"Iyalah (tetap ada). Perbaikan club house Glantangan itu cikal bakal ekonomi kita, pariwisata kita. Itu untuk membangkitan pariwisata, bagaimana nanti warga yang kurang beruntung bisa bergantung pada pariwisata, itu akan meningkatkan ekonomi," ujar Bupati Hendy ketika ditanya perihal anggaran tersebut.

Perbaikan club house lapangan golf tersebut juga diharapkan bisa menarik investasi masuk ke Jember. Apalagi Lapangan Golf Glantangan merupakan satu-satunya lapangan golf di wilayah eks Karesidenan Besuki. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved