Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Di IDC 2021, Arumi Bachsin Ajak Pelaku UMKM Bangkit dengan Manfaatkan Teknologi Digital

Arumi Bachsin mendorong para pelaku UMKM hingga UKM untuk melek digital dan menjadikan teknologi digital sebagai batu loncatan untuk bisa maju

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Istimewa/Tangkapan layar
Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin saat menjadi narasumber dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (17/11/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin menyampaikan pentingnya adaptif di tengah era society 5.0.

Ia mendorong para pelaku UMKM hingga UKM untuk melek digital dan menjadikan teknologi digital sebagai batu loncatan untuk bisa maju dan berkembang.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (17/11/2021).

Dalam konferensi virtual yang mengangkat tema Percepatan Ekonomi Desa Melalui Digitalisasi itu, Arumi menekankan bahwa teknologi sangat bisa dimanfaatkan untuk mendorong kemajuan usaha khususnya bagi pelaku usaha UMKM, UKM maupun IKM.

"Di masa pandemi ini, harus kita akui bahwa justru muncul lebih banyak pelaku UKM yang bergerak di platform digital," kata Arumi.

Di awal pandemi, memang ekonomi cenderung lesu berkepanjangan. Namun seiring dengan dilakukannya penanganan yang sinergis, ekonomi pun akhirnya bangkit perlahan.

Masyarakat yang semula takut dan terdampak parah dari segi ekonomi, mulai beradaptasi dengan covid-19. Mereka banyak yang melakukan pergeseran dalam menjalankan usaha yaitu dengan memanfaatkan media online dan platform digital.

"Ini patut kita sambut baik dan apresiasi. Bahwa digitalisasi dalam usaha ini peluang yang tidak bisa diremehkan, justru bisa memperluas pasar," tambah Arumi.

Wanita yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur itu membagikan tips dan kiat untuk bisa beradaptasi dan maju di era society 5.0.

Yang pertama seseorang harus memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah di sekitarnya. Kedua, ia harus memiliki social skill dimana harus mampu untuk melakukan koordinasi, negosiasi dan juga persuasi. Sedangkan berikutnya harus memiliki social skill, system skill dan cognitive skill.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved