Breaking News:

Berita Lamongan

Satukan Visi Bangun Kabupaten Lamongan, Unisla dan Pemkab Tekan MoU

Universitas Islam Lamongan (Unisla) menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkan) Lamongan untuk menyatukan visi membangun daerah.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Hanif Mashuri
Teken MoU antara Unisla dengan Pemkab Lamongan melibatkan 18 OPD, Selasa (16/11/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Universitas Islam Lamongan (Unisla) menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkan) Lamongan untuk menyatukan visi membangun daerah.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara Unisla dan Pemkab plus 18 OPD di Kampus Unisla, Selasa (16/11/2021).

Lewat penandatanganan nota kesepahaman antara lembaga pendidikan dengan unsur birokrasi itu, diharapkan bisa menjembatani terwujudnya kejayaan Lamongan di masa mendatang.

Rektor Unisla, Bambang Eko Muljono mengungkapkan, kolaborasi lintas sektoral ini adalah rangkaian dari program merdeka belajar yang tertuang dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020.

"Kami punya instrumen untuk penelitian, dalam program ini seluruh mahasiswa dan civitas turut terlibat. Sekitar 18 OPD dari lingkungan Pemkab Lamongan bakal terintegrasi dengan kami," ungkap Bambang.

Jadi, lanjung Bambang, selaku lembaga perguruan tinggi, Unisla ingin menjadi pendamping dari rencana jangka panjang dengan menjadi juru riset dan penelitian yang akan menjadi rujukan maupun pertimbangan pembangunan.

"Porsinya kami sebagai akademisi memanfaatkan tenaga yang ada untuk landasan seperti prototype programnya pemerintah," ungkapnya.

Diungkapkannya, selain menimba ilmu, mahasiswa juga bisa praktik lapangan menambah pengalaman. Dan kegiatan mahasiswa itu dimasukan dalam kurikulum SKS.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi menyambut baik kerja sama ini. Dengan begitu tugas memajukan daerah akan semakin sempurna dan melengkapi konsep Pentahelix yang tengah digaungkan.

"Di dalam klausul tadi ada kerja sama penelitian, magang, pengabdian masyarakat dan lain sebagainya. Tentunya kami punya energi baru untuk saling menciptakan keselarasan," katanya.

Selain membangun daerah, indeks kualitas SDM juga lambat laun akan meningkat.
Dikatakan Yuhronur, kolaborasi bersama seluruh steak holder akan memecahkan problem yang di emban Pemkab Lamongan.

Melalui MoU ini, Pemkab Lamongan siap menjadi laboratorium bagi mahasiswa bila ke depannya terdapat kerja sama yang diperlukan.

"Kami bisa menjadi laboratorium, semua dinas siap membuka diri," katanya.

Pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya, bagi siapa saja yang mau bekerja sama.

"Silakan itu untuk kepentingan masyarakat Lamongan," pungkasnya seusai menandatangi MoU antara Unisla dan Pemkab Lamongan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved