Breaking News:

UM Sukses Gelar Lomba Esai dan Cerpen Mahasiswa Tingkat ASEAN

Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar lomba cerpen dan esai mahasiswa tingkat Asia Tenggara atau ASEAN.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Cak Sur
Istimewa
Ketua Jurusan Sastra Indonesia Univeraitas Negeri Malang (UM), Dr Roekhan MPd. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar lomba cerpen dan esai mahasiswa tingkat Asia Tenggara atau ASEAN. Senin (15/11/2021) siang ini, karya original mahasiswa terbaik akan diumumkan.

Puluhan karya cerpen dan esai telah selesai dinilai oleh tim juri. Termasuk enam karya terbaik karya esai. Keenam karya terbaik berhak atas penghargaan termasuk hadiah uang tunai belasan juta rupiah.

"Siang ini kami umumkan para juaranya. Bersamaan dengan studium general dengan isu menarik: Perahu Literasi untuk Arungi Digitaliasi oleh Prof Djoko Saryono. Kami gelar via zoom," kata Kajur Sastra Indonesia UM Dr Roekhan MPd.

Djoko Saryono adalah guru besar produktif Sastra Indonesia UM. Studium general itu akan mengawali Prosesi pengumuman juara. Meski belum diumumkan resmi, namun untuk mahasiswa Sastra Indonesia mendominasi tampil sebagai juara.

Sejumlah kampus di seluruh Jatim dan Nasional ikut serta dalam pengiriman naskah. Lomba digelar sejak Oktober dengan batas akhir pengiriman naskah 10 November 2021.

Roekhan menyebut, bahwa dewan juri sudah menggelar rapat hari Minggu (14/11/2021) kemarin. Ada tiga dewan juri esai dari latar belakang yang berbeda. Ketiganya adalah Prof Dr Wan Ibrahim dari Asia Metropolis University, Malajaysia.

Kemudian guru besar UM, Prof Dr Anang Santoso MPd dan Jurnalis Harian Surya (Tribunnews) Nuraini Faiq. Ketiganya tim juri ini sulit menentukan juara 1 karena tiga karya terbaik sama-sama bagus. Namun secara keseluruhan mulai dari penentuan tema, penyajian, dan keseluruhan isi akhirnya ditetapkan juaranya.

Tim juri pun memutuskan karya mahasiswa UM, Daniella Putri Pramesti sebagai juara pertama. Mahasiswi ini mengangkat esai, Bisnis Era Digital Generasi Muda Tumbuhkan Wira Usaha demi Kemajuan Masa Depan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved