Breaking News:

Berita Banyuwangi

Di Banyuwangi Puan Maharani Koordinasikan Solusi Masalah Nelayan dan Gelontor Bantuan

Ketua DPR RI, Puan Maharani menyerap aspirasi para nelayan di Banyuwangi, sekaligus mengoordinasikan solusinya.

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Haorrahman
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat berdialog bersama nelayan Kampung Mandar, Banyuwangi, Jumat (12/11/2021). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Ketua DPR RI, Puan Maharani berkunjung dan berdialog bersama nelayan di Kampung Mandar, Banyuwangi, Jumat (12/11/2021). Puan menyerap aspirasi para nelayan, sekaligus mengoordinasikan solusinya.

Tampak hadir Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan sejumlah anggota DPR RI.

"Saya ingin mendengar langsung dari bapak/ibu semua, masalah apa yang dihadapi, usul apa yang ingin disampaikan," kata Puan.

“Negara kita ini negara maritim yang kaya potensinya seperti di Banyuwangi. Saya ingin tahu permasalahan yang ada pada nelayan. Seperti bagaimana kondisi nelayan selama pandemi, urusan BBM, alat tangkapnya, cold storage dan lainnya, sehingga bisa kami carikan solusinya," imbuh Puan.

Dalam dialog yang dimoderatori Bupati Ipuk tersebut, nelayan menyampaikan berbagai persoalan yang dihadapi. Seperti Rahmat Sukardi, Ketua KUB Pondok Layar Kampung Mandar yang menyampaikan keluhan terkait petugas Pertamina yang mewajibkan nelayan harus membeli Pertamax untuk bahan bakar perahu.

"Kami ini nelayan kecil dengan pendapatan yang kecil pula. Sangat keberatan apabila diwajibkan membeli Pertamax, tidak bisa membeli pertalite," kata Sukardi.

Mendapat keluhan itu, Puan langsung meminta Menteri Trenggono untuk menjawab dan memberikan solusi persoalan tersebut.

"Silakan Pak Menteri, ini harus ada solusinya untuk nelayan kecil," kata Puan.

Terkait persoalan tersebut, Menteri Trenggono mengatakan, akan koordinasi untuk mendapat solusi dengan Pertamina.

"Saya intens pertemuan dengan Pertamina. Bisa nanti subsidi BBM untuk nelayan lewat koperasi nelayan. Kami berharap subsidi BBM tidak berupa barang, melainkan berupa uang," kata Trenggono.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved