Breaking News:

Travel

Frekuensi Operasional Kereta Api Bertambah, KAI Sosialisasi Keselamatan Pengendara di Perlintasan

KAI Daop 7 Madiun menggandeng Komunitas Pecinta Kereta Api Lingkup (Pecel) Madiun atau biasa disebut Railfans Madiun.

tribun jatim/sofyan arif candra
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang atau sering disebut perlintasan kereta api di Jalan Perlintasan Langsung (JPL) No. 138, Kota Madiun, Rabu (10/11/2021). 

SURYA.CO.ID, MADIUN - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang atau sering disebut perlintasan kereta api di Jalan Perlintasan Langsung (JPL) No. 138, Kota Madiun, Rabu (10/11/2021).

Dalam sosialisasi yang sekaligus memperingati Hari Pahlawan tersebut, Daop 7 Madiun menggandeng Komunitas Pecinta Kereta Api Lingkup (Pecel) Madiun atau biasa disebut Railfans Madiun.

Mereka membentangkan spanduk dan membagikan bendera merah putih kecil, serta membagikan masker gratis kepada pengguna jalan saat berhenti di perlintasan kereta api.

Selain itu mereka juga membagikan stiker terkait imbauan pengguna jalan agar waspada dan berhati-hati ketika melintasi perlintasan sebidang.

"Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan kami terhadap jasa-jasa para pahlawan serta sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mentaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang, dengan harapan angka kecelakaan di perlintasan sebidang dapat ditekan," ujar Vice President Daop 7 Madiun, Hendra Wahyono.

Baca juga: Banyuwangi Putra Tundukkan Singhasari FC 4-0, Pelatih Fisik : Sebenarnya Target 8 Gol

Lebih lanjut Hendra mengatakan, terdapat 351 perlintasan sebidang di Daop 7 Madiun dengan rincian 211 terjaga oleh KAI dan 4 oleh Pemda serta sebanyak 136 sebidang tidak terjaga (terpasang Early Warning System sebanyak 95, tidak terpasang sebanyak 41).

Selain itu terdapat 44 perlintasan tidak sebidang dengan rincian 1 Fly Over dan 43 Underpass.

Sementara itu, selama tahun 2021, di wilayah Daop 7 Madiun telah terjadi 9 kali kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang yang mengakibatkan 8 orang luka ringan serta 8 orang meninggal dunia.

"Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan pada perlintasan lantaran para pengendara yang tetap melaju meskipun sudah ada peringatan melalui sejumlah rambu yang terdapat pada perlintasan resmi," terangnya.

Selain sosialisasi, Daop 7 Madiun juga gencar melakukan penutupan perlintasan sebidang liar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved