Breaking News:

Berita Bangkalan

Kembali Terimbas Cuaca Ekstrem, Bangkalan Bak Dihujani Petir Beruntun sampai Pohon Tumbang

Datangnya hujan deras serta angin dan petir itu dirasakan sejak sore, bersamaan turunnya hujan di wilayah Surabaya di seberangnya

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad faisol
TRC BPBD Kabuptean Bangkalan mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Raya Ringroad, Kecamatan Burneh setelah diterjang hujan disertai angin kencang dan petir, Rabu (11/10/2021) sore. 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Pengaruh dari cuaca ekstrem memang paling sering dirasakan di Bangkalan. Bahkan Rabu (10/11/2021) petang, suasana Bangkalan mencekam akibat dilanda hujan angin yang deras, ditambah gelelaran petir bertubi-tubi yang mengakibatkan sebuah pohon besar tumbang.

Datangnya hujan deras serta angin dan petir itu dirasakan sejak sore, bersamaan turunnya hujan di wilayah Surabaya di seberangnya. Meski tidak berdampak banjir, namun sebuah pohon tumbang di Jalan Ringroad, Kecamatan Burneh.

Akibatnya, arus lalulintas di jalur tersebut sempat tersendat sebelum Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Kabupaten Bangkalan dibantu anggota Polres dan masyarakat sekitar berhasil mengevakuasi pohon.

“(Suara) petir sambung-menyambung, satu pohon tumbang. Kejadian diawali hujan dengan intensitas tinggi kemudian disertai angin kencang sesaat pukul 15.30 WIB,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris kepada SURYA.

Hujan deras disertai gelegar suara petir baru mereda selepas waktu Maghrib. Bahkan hingga pukul 19.10 WIB, gerimis masih membasahi Kota Bangkalan, Kecamatan Socah, dan sejumlah kawasan sekitarnya.

“Begitu menerima informasi pohon tumbang dari petugas Patroli Satlantas Polres Bangkalan dan warga di sekitar lokasi, kami bersama Agen Bencana BPBD Provinsi Jatim langsung bergerak untuk mengevakuasi pohon tumbang,” jelasnya.

Cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Bangkalan telah diprediksi dalam Update Peringatan Dini Cuaca Jawa Timur Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Surabaya per 10 November 2021.

Disebutkan, potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir, dan angin kencang terjadi di Bangkalan, Surabaya, Lamongan, Bojonegoro, Malang, hingga Lumajang mulai pukul 17.40 WIB hingga pukul 18.10 WIB.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktifitas di jalan ketika terjadi cuaca ekstrem, atau mencari tempat aman untuk berteduh,” pungkas Rizal. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved