Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Pimpin Renungan Suci di Makam Pahlawan

Gubernur Khofifah memimpin apel renungan suci dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, di Makam Pahlawan Jalan Mayjen Sungkono Surabaya.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memimpin apel renungan suci dalam rangka Hari Pahlawan, di Makam Pahlawan Jalan Mayjen Sungkono, Rabu (10/11/2021) dini hari. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memimpin apel renungan suci dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, di Makam Pahlawan Jalan Mayjen Sungkono Surabaya, Rabu (10/11/2021) dini hari.

Tepat pukul 00.00 WIB, Gubernur Khofifah disertai rombongan forkopimda Jawa Timur memulai apel renungan suci guna mengenang, menghormati dan juga mengirimkan hormat kepada arwah para pahlawan.

Hal ini dilakukan, sekaligus sebagai bentuk syukur dan terima kasih pada para pahlawan yang telah berjuang dan gugur demi kemerdekaan dan juga kebahagiaan warga negara saat ini.

Dalam apel renungan suci dini hari tersebut, juga tampak pasukan apel dari kalangan pelajar. Rintik gerimis tak menghalangi jalannya kekhusyukan apel tersebut.

"Kami malam ini berkumpul di sini dalam rangka upacara mengenang arwah pahlawan nusa dan bangsa yang telah gugur mendahului kita semua. Kami menyampaikan hormat sebesar-besarnya atas kesucian pengabdian yang dilakukan demi memperjuangkan kemerdekaan," tegas Khofifah.

Di Makam Pahlawan ini, bersemayam makam pahlawan dari TNI, Polri, pegawai sipil juga pejuang sebanyak 3.658 orang. Dan pahlawan tak dikenal serta tak diketahui asal usulnya sebanyak 53 orang.

"Begitupun pada para pahlawan yang tidak dikenal di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, maupun di dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya," tambahnya.

"Kami bersumpah dan berjanji bahwa jalan perjuangan pahlawan adalah jalan kami juga. Bakti para pahlawan adalah jalan bakti kami juga," pungkas Khofifah.

Apel tersebut diakhiri dengan mengheningkan cipta dan berkirim doa kepada arwah para pahlawan. Para peserta apel dan upacara sama-sama berdoa, agar arwah para pahlawan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Renungan suci ini menjadi rangkaian pembuka peringatan Hari Pahlawan yang dilakukan Pemprov Jatim, yang nantinya pagi ini akan dilanjutkan dengan upacara bendera peringatan Hari Pahlawan. Kemudian, juga dilanjutkan dengan syukuran dan makan bersama dengan para pejuang veteran.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved