LIGA SPANYOL

Liga Spanyol, Bursa Transfer, Barcelona Dapatkan Striker Gratisan dari Beijing, Ini Sosoknya

Bakambu kini masih bermain di klub China, Beijing Guoan. Ia berpengalaman mentas di Liga Spanyol bersama Villarreal pada 2015-2018.

Penulis: Suyanto | Editor: Suyanto
Bolasport.com
Cedric Bakambu, striker incaran Barcelona di bursa Tranfer Januari 2022. 

SURYA.co.id I - Palatih baru Barcelona, Xavi Hernandez telah bersiap memboyong striker baru untuk mendongkrak timm Catalan yang pekan 13 Liga Spanyol LaLiga, akhir pekan lalu, masih terseok.

Striker yang akan diboyong Barcelona ini berbeda dari kebiasaan Barcelona sebelum-sebelumnya. Biasanya tim kaya raya Spanyol ini, selalu memboyong striker kelas superstar.

Namun kali ini, calon rekrutan pertama Barcelona era Xavi Hernandez ternyata bukan superstar. Bahkan sang pemain saat ini tidak bermain di Liga Eropa.

Menurut laporan AS yang dikutip BolaSport.com, sosok yang dimaksud ialah Cedric Bakambu. Kenapa Bakambu yang muncul ke permukaan sebagai kandidat rekrutan pertama Xavi?

Penyerang timnas Kongo tersebut merupakan incaran lama, sehingga manajemen Barcelona seharusnya sudah mengantongi keunggulan dan kelemahannya.

Bakambu kini masih bermain di klub China, Beijing Guoan. Ia berpengalaman mentas di Liga Spanyol bersama Villarreal pada 2015-2018.

Catatan gol pria 30 tahun itu cukup baik dengan torehan 47 gol dalam 105 pertandingan LaLiga. Adapun bersama Beijing, koleksinya mencapai 58 gol dari 87 partai.

Baca juga: Liga Italia, Polemik Hakan Calhanoglu, Dianggap Lecehkan Milanisti, Simak Gaya Selebrasi Golnya

Lebih detail, relasi Bakambu dan Barcelona sebenarnya sudah terbentuk beberapa musim terakhir. Ini adalah ketiga kalinya Bakambu dikaitkan dengan Barca di bursa transfer.

Paling heboh terjadi pada tengah musim 2019-2020 ketika Barcelona bergerilya mencari striker darurat seturut cederanya Luis Suarez dan Ousmane Dembele.

Ironis, Bakambu cuma menjadi korban PHP dari Barcelona kala itu.

Tim raksasa Catalan ibarat memberi harapan palsu untuk memboyong Bakambu di luar bursa transfer liga top Eropa.

Sang pemain sudah terbang ke Hong Kong dan tinggal melanjutkan perjalanan ke Barcelona guna mengakhiri proses transfer.

Akan tetapi, Bakambu terpaksa balik badan karena mendapat telepon dari Direktur Barca, Eric Abidal, bahwa mereka telah membatalkan deal.

Cerita ironis ini ditanggapi dengan guyon oleh Bakambu lewat twit yang meminta Transfermarkt menambahkan status "hampir gabung Barca" dalam profilnya.

Blaugrana pun memilih mendaratkan Martin Braithwaite sebagai striker darurat yang dimaksud. Kemudian Barcelona menghidupkan lagi rencana merekrut Bakambu pada bursa transfer awal musim 2021-2022.

Hanya, kali ini Beijing meminta uang di luar kemampuan Barca, sehingga negosiasi pun hangus. Ronald Koeman mengalihkan target kepada Luuk de Jong.

Baca juga: Liga Italia, Bursa Transfer, Juventus Ngebet Pakai Pemain Real Madrid yang sedang Cedera Ini

Munculnya Cedric Bakambu di radar gosip Barcelona juga tak lepas dari statusnya yang bisa diperoleh gratis. Kontrak pemain seangkatan Antoine Griezmann di timnas junior Prancis itu habis di Beijing pada 31 Desember 2021.

Meski kerap dinilai sebagai langkah yang aneh, merekrut Bakambu buat sekadar back-up sampai akhir musim adalah opsi murah meriah yang mungkin saja direalisasikan Xavi.

Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    2
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    20
    10
    6
    4
    36
    18
    16
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved