Breaking News:

Kadin Jatim

Kadin Jatim Target Cetak 1.000 Kurator Bersertifikasi untuk Tingkatkan Kualitas Produk UMKM

Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto mengungkapkan, sejauh ini jumlah kurator yang telah bersertifikat BNSP masih sekitar 150-160 kurator.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
Foto: kadin jatim
Wakil Ketua Umum Kadin Jatim bidang UMKM, Idris Yahya, bersama jajaran saat memimpin Rapat Koordinasi Bidang UMKM Kadin Jatim di Graha Kadin Jatim, Surabaya, Selasa (9/11/2021). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur menargetkan awal 2022 ada sekitar 1.000 kurator produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bersertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di seluruh wilayah Jatim.

Target ini seiring dengan upaya peningkatan kinerja ekspor UMKM Jatim.

Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto mengungkapkan, sejauh ini jumlah kurator yang telah bersertifikat BNSP masih sekitar 150-160 kurator.

Sementara produk UMKM yang harus disertifikasi sangat banyak. Sehingga jumlah produk yang dikurasi juga masih sedikit.

"Jumlah produk UMKM yang sudah dikurasi sekitar 400-500 produk. Dan ini harus ditingkatkan karena potensi yang ada cukup besar," kata Adik, Selasa (9/11/2021).

Kadin berupaya meningkatkan jumlah kurator bersertifikat agar produk yang dikurasi ini juga semakin banyak.

"Harapan kami Februari 2022 jumlah kurator bersertifikasi di Jatim bisa mencapai seribu kurator," ujar Adik, usai Rapat Koordinasi Bidang UMKM Kadin Jatim di Graha Kadin Jatim.

Kadin Jatim terus berkomitmen meningkatkan kinerja UMKM. Selain dengan mencetak sebanyak-banyaknya kurator bersertifikasi, Kadin Jatim juga tengah merancang  platform digital untuk pemasaran produk UMKM yang telah dikurasi tersebut di pasar global.

"Segera mungkin akan kami launching, platform digital khusus UMKM yang akan dipasarkan di 20 negara, termasuk ke China, Jepang dan Amerika. Tentunya ini akan menjadi peluang bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri," beber Idris.

Melalui platform ini nantinya UMKM akan bisa menjual ke pasar luar negeri walaupun dengan volume kecil.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved