Breaking News:

TIMNAS INDONESIA

Elkan Baggott Resmi Jadi WNI, Usai Pembuatan KTP, Gabung Timnas Berangkat ke Turki

Zudan mengatakan bahwa Elkan Baggott telah resmi menjadi WNI setelah melakukan proses pembuatan KTP.

Editor: Suyanto
INSTAGRAM Elkan Baggot via Kompas.com
Elkan Baggott, pemain Ipswich Town, resmi menjadi WNI dan sudah bergabung Timnas Indonesia. 

SURYA.co.id I JAKARTA - Kabar gembira datang dari pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott.

Proses naturalisasi menjadi WNI akhirnya rampung. Elkan telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), yang ditandai dengan pembuatan  kartu tanda penduduk (KTP), Selasa (9/11/2021).

KTP itu diterima Elkan Baggot di kantor ke kantor Dirjen Dukcapil Kemendagri. Elkan datang ditemani Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Direktur Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh membenarkan kabar tersebut.

Zudan mengatakan bahwa Elkan Baggott telah resmi menjadi WNI setelah melakukan proses pembuatan KTP.

“Benar yang bersangkutan (Elkan) adalah WNI,” ujar Zudan sebagaimana dilansir BolaSport.com dari Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Prosedur yang dijalani oleh Elkan Baggott tidak berbeda dari semua orang menurut Zudan.

Menurutnya, Elkan mendapatkan kewarganegaraan bukan sebagai pemain dengan cara naturalisasi. Jadi prosedurnya cepat, karena Baggott memiliki wewenang untuk memilih atau menentukan kewarganegaraannya.

Sebab Baggott telah dewasa dan ia memiliki orang tua dengan latar belakang WNI dan warga negara asing, sehingga ia berhak memilih.

Untuk itu, pemain yang berkarier di Ipswich Town itu memilih untuk menjadi WNI. “Karena orang tuanya WNA dan WNI, maka dia bebas untuk memilih menjadi WNA atau menjadi WNI,” kata Zudan.

“Dalam hal ini dia memilih menjadi WNI mengikuti Kartu Kaluarga Ibunya,” tuturnya.

Sebelumnya Baggott disinyalir tak mau memperkuat timnas Indonesia dan memilih kewarga negaraan lain. Namun, akhirnya ia menjawab dengan memilih sebagai warga negara Indonesia.

Elkan adalah pemain kelahiran Thailand dan memiliki darah keturunan Inggirs juga. Namun, belum lama ini ia kembali mendapatkan panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Indnesia di Turki.

Elkan masuk dalam 26 jajaran pemain yang mendapatkan panggilan dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Untuk itu, ia telah tiba di Indonesia pada Minggu (7/11/2021) dan akan ikut TC timnas ke Turki yang akab berangkat pada 10 November mendatang.

Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved