Breaking News:

Berita Magetan

Gagal Mencapai Puncak Gunung Lawu, Empat Pendaki malah Nyaris Celaka Akibat Hipotermia

Dikatakan Sukirman, karena masuk lewat Cemorokandang, maka semua proses evakuasi ditangani dari Jawa Tengah.

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Deddy Humana
surya/doni prasetyo
Pintu pendakian Gunung Lawu Pos Cemorosewu, Magetan, Jawa Timur. 

SURYA.CO.ID, MAGETAN - Pendakian di masa pancaroba saat ini, nyaris membawa petaka bagi empat orang warga Jatim yang sedang mendaki Gunung Lawu di Magetan. Gara-gara terhadang cuaca ekstrem, tiga dari empat pendaki mengalami hipotermia dan terpaksa dievakuasi oleh tim penyelamat dari pos wilayah Jawa Tengah.

Sedangkan satu pendaki lain mengalami kaki terkilir saat tiba di Pos Bayangan, dan berhenti di Pos 2 pendakian. Namun salah satu pendaki masih bisa melapor ke pos pengawas terdekat.

"Pendaki yang terkilir adalah warga Mojokerto atas nama Shinta Dewi (23) dan kejadiannya di Pos Bayangan. Sedangkan yang melapor kejadian ke Pos 2 adalah pendaki bernama Adi Sucipto, Minggu (7/11) sekitar pukul 17.00 WIB,"k ata Kasubbid Penanganan Bencana (PB) PMI Kabupaten Magetan, Sukirman, kepada SURYA, Senin (8/11/2021).

Menurut, Sukirman, selain Shinta, tiga pendaki juga terkilir dan kemudian mengalami hipotermia (penurunan suhu tubuh secara drastis) dan baru mendapat pertolongan Pos 3 puncak Gunung Lawu.

"Kempatnya adalah warga Jawa Timur, tetapi mereka masuk lewat Pos Pendakian Cemorokandang, Karanganyar, Jawa Tengah. Bukan lewat Pos Pendakian Cemorosewu, Jawa Timur," terang Sukirman

Dikatakan Sukirman, karena masuk lewat Cemorokandang, maka semua proses evakuasi ditangani dari Jawa Tengah. Dan tim dari Jawa Timur hanya memonitor bila tim Jawa Tengah butuh bantuan.

"Walau para pendaki adalah warga Jawa Timur, kami tidak ikut melakukan evakuasi karena mereka masuk dari Pos Jawa Tengah," ujar Sukirman.

Menurut Sukirman, keempat pendaki sudah dievakuasi dan mendapat pertolongan sebelum diizinkan pulang ke rumah masing masing. "Keempat pendaki itu sudah diberikan pertolongan dan berhasil dievakuasi. Setelah kondisinya normal, keempat pendaki diperbolehkan pulang," tandasnya. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved