Breaking News:

Berita Ponorogo

Dinkes Kabupaten Ponorogo Kebut Vaksinasi PCV, Target Akhir Tahun 2021 Tuntas

Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo menargetkan vaksinasi PCV (Pneumokokus Konyugasi Vaksin) tahap 1 dan 2 tuntas akhir tahun 2021.

Foto Istimewa Dinkes Ponorogo
Ilustrasi Vaksinasi PCV (Pneumokokus Konyugasi Vaksin) di Kabupaten Ponorogo. 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo menargetkan vaksinasi PCV (Pneumokokus Konyugasi Vaksin) tahap 1 dan 2 tuntas akhir tahun 2021.

Sasaran vaksin PCV tersebut bagi semua bayi yang lahir mulai April 2021.

Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Heni Lastari mengatakan untuk mengejar target tersebut, pemberian vaksin PCV 1 akan dibarengkan dengan PCV 2 bersama imunisasi DPT pertama (usia bayi 2 bulan) dan DPT kedua (usia bayi 3 bulan).

"Upaya ini sebagai langkah pencegahan meningkatnya kasus pneumonia atau radang paru-paru karena bakteri, khususnya pada bayi dan balita," kata Heni, Jumat (5/11/2021).

Heni menerangkan, untuk yang usia 12 bulan, akan diberikan sesuai jadwal yang disusun oleh para bidan desa dan posyandu.

Baca juga: Surabaya Fashion Week 2021, Desainer Blitar Ini Tampilkan Busana Victorian Romance Bangsawan Eropa

Sementara itu, hasil laporan puskesmas dan polindes di Ponorogo hingga bulan Oktober 2021, tercatat ada 925 kasus pneumonia pada balita.

Sedangkan pada 2020, ada 1.703 kasus pneumonia pada balita.

Heni melanjutkan, imunisasi PCV di Ponorogo sudah dimulai Juni 2021, sedangkan capaian vaksin PCV di Ponorogo, tahap 1 sekitar 18,04 persen dan tahap 2 di angka 10,02 persen.

"Yang ketiga belum. Capaian kami anggap lumayan, masyarakat antusias. Karena kalau suntik sendiri, harganya hampir satu juta," kata Heni.

Kedepan, Heni akan menggiatkan sosialisasi lewat puskesmas dan lintas sektor agar masyarakat mengetahui bahwa ada vaksin baru namanya vaksin PCV.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved