Breaking News:

Berita Kampus Surabaya

Lewat Program Peningkatan Kebugaran Jasmani, Unesa Edukasi Pola Hidup Sehat Warga Randegan Sidoarjo

Bertempat di Balai Desa Randegan, warga terlihat antusias saat mengikuti kegiatan penyuluhan dipandu Ketua PKM Dr Oce Wiriawan MKes.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Parmin
Foto: unesa untuk surya.co.id
Penyuluhan Pola Hidup Sehat dengan Latihan Fisik digelar Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Unesa bekerja sama dengan PKK Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo di Balai Desa setempat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya bekerja sama dengan PKK Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo melakukan penyuluhan Pola Hidup Sehat dengan Latihan Fisik di Masa Pandemi.

Bertempat di Balai Desa Randegan, warga terlihat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan dipandu Ketua PKM Dr Oce Wiriawan M Kes.

Mengingat kegiatan bertajuk “Meningkatkan Kebugaran Jasmani” ini dinilai baik untuk menjaga kebugaran jasmani serta dapat meningkatkan imunitas tubuh para peserta di masa Pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjahui kerumunan, mengurangi mobilitas) dengan melibatkan dosen FIO sebagai tim pelaksana dan warga desa Randegan sebagai peserta.

Dr Oce Wiriawan juga berkesempatan membantu warga dengan memberikan saran serta arahan kepada ibu-ibu PKK yang mencoba mengikuti program kebugaran jasmani.

"Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya," ujar Dr Oce Wiriawan kepada SURYA.co.id, Kamis (4/11/2021).

Menurutnya dengan berolahraga justru membuat seseorang menjadi tidak mudah lelah.

"Dengan latihan kebugaran jasmani, daya tahan tubuh kita bisa lebih meningkat," imbuhnya.

Sementara itu dilain pihak, Ketua PKK Desa Randegan Sidoarjo, Windria Zuroidah mengaku merasa terbantu untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

"Pemahaman ini (Kebugaran Jasmani) penting untuk menjaga imunitas kami (ibu-ibu PKK), ternyata perkembangan ilmu keolahragaan dan kesehatan gizi sekarang sudah sangat pesat," ujar ibu Lurah Desa Randegan itu.

Windria berharap penyuluhan dan program kebugaran ini dapat dilaksanakan dengan Unesa secara berkelanjutan.

"Terutama untuk warga yang sudah berusia diatas 30 tahun. Mereka belum terbiasa mengisi kekosangan waktu dengan aktivitas olahraga. semoga ibu-ibu bisa membiasakan hidup sehat dengan olahraga yang mudah dilakukan serta menjaga asupan gizi kedepannya," pungkasnya.

Selain kebugaran jasmani, ada materi lainnya yang disampaikan kepada warga desa Randegan yakni Asupan Gizi Seimbang, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di masa Pandemi yang dipandu oleh Arifah Kaharina M Kes.

Sementara materi Tes Pengukuran Kebugaran Jasmani Masyarakat dipandu oleh Dr Sapto Wibowo M Pd dan materi model latihan olahraga yang benar pada masyarakat selama Pandemi dipandu oleh Muhammad Kharis Fajar SPd M Pd.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved