Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Peringati Sumpah Pemuda, Wagub Emil Minta Pemuda Jatim Kokohkan Persatuan untuk Hindari Apatisme

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak berharap kepada para generasi muda untuk terus mengkokohkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Editor: Cak Sur
Humas Pemprov Jatim
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak berharap kepada para generasi muda untuk terus mengkokohkan persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu diharapkan untuk menghindari sikap apatisme di antara sesama.

"Kemerdekaan Indonesia ini berakar pada keberanian pemuda untuk bisa melawan arus. Di masa kolonialisme, para pemuda berani membahas kebangsaan Indonesia. Dan peran inilah yang kini diemban oleh mahasiswa selaku generasi pemuda," ungkap Wagub Emil dalam forum diskusi bersama BEM Universitas se-Jawa Timur di BICOPI Surabaya pada Kamis (28/10/2021).

Tak hanya itu, semangat Sumpah Pemuda juga diharapkan bisa memberikan dorongan semangat kepada seluruh mahasiswa di Bumi Majapahit.

Pasalnya, peran aktif para pemuda dianggap bisa menyatukan bangsa dan negara.

"Pergerakan melawan arus yang terjadi di sepanjang sejarah Indonesia ini menunjukkan bahwa mahasiswa terbukti berhasil membuat perubahan," ungkapnya.

Emil mengatakan, mahasiswa selaku pemuda dapat menjadi agen perubahan bangsa. Kondisi tersebut bercermin dari peristiwa-peristiwa sejarah di mana mahasiswa menjadi penggerak dan pelopor utamanya.

"Tetapi perlu diingat, bahwa energi ini tidak selalu untuk melawan rezim. Yang harus digarisbawahi adalah bagaimana pemuda bisa membuat perubahan bagi bangsa dan negara," lanjutnya.

Emil mengatakan, dengan mencontoh perjuangan pemuda Indonesia di masa perjuangan kemerdekaan, mahasiswa selaku pemuda masa kini harus berani melawan arus-arus yang salah.

"Konteksnya hari ini, bagaimana mahasiswa bisa menjadi pemuda yang melawan arus. Apabila arusnya salah, generasi muda harus berani melawan," ucapnya.

Emil menjelaskan, langkah awal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa salah satunya adalah mengedukasi publik tentang bagaimana melakukan pilihan politik yang baik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved