Breaking News:

Kadin Jatim

Kadin Jatim Buka Peluang Sinergi guna Sukseskan Gerakan BBI 

Kegiatan coffe morning digelar Kadin Jatim membahas tentang gerakan BBI dengan melibatkan banyak UKM dan stakeholder terkait.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
Foto:kadin jatim
Kegiatan coffe morning digelar Kadin Jatim membahas tentang gerakan BBI dengan melibatkan banyak UKM dan stakeholder terkait. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur memberikan dukungan penuh terhadap  gerakan "Bangga Buatan Indonesia" (BBI) digagas pemerintah Indonesia.

Kadin Jatim berupaya menjembatani berbagai pihak bersinergi meningkatkan kinerja UMKM.

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menegaskan bahwa gerakan BBI menjadi  satu langkah strategis dalam meningkatkan konsumsi produk dalam negeri karena sejauh ini konsumsi produk dalam negeri sangat kecil, khususnya di pasar digital.

"Share produk UMKM lokal di pasar e-commerce hanya 7 persen, sisanya adalah produk impor. Yang menjadi pertanyaan kan kenapa seperti ini kok gini.

Ini harus kita Carikan solusinya dan harus kita atasi bersama," ujar Adik Dwi Putranto saat acara Coffe

Morning digelar Kadin Jatim dengan tema "Sinergitas gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi", Surabaya, Jumat (29/10/2021).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab minimnya produk UMKM diminati di pasar e-commerce, di antaranya adalah ketidak kemampuan UMKM dalam membangun kapasitas building atau manajemen yang bagus dalam berusaha.

Hal ini kemudian mengakibatkan ekonomi biaya tinggi dan tidak efisien dalam proses produksi. "Ujung-ujungnya harga jual tidak kompetitif.

"Nah, mereka itu butuh untuk diajari bagaimana membuat produk yang kompetitif dan bagaimana membuat produk yang berkualitas bagus. Karena konsumen itu inginnya dapat produk yang murah dan bagus," jelas Adik.

Kadin Jatim berupaya menjalin sinergi dengan stakeholder terkait, mulai dari pemerintah daerah, lembaga keuangan hingga akademisi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved