Breaking News:

Kisah UKM Sambel Dede Satoe Tetap Eksis di Tengah Pandemi

Sekarang sudah punya lebih dari 15 varian sambal, enam varian bumbu dan satu varian koya soto.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Rahadian Bagus
Kisah UKM Sambel Dede Satoe Tetap Eksis di Tengah Pandemi
surya.co.id/Sri Handi Lestari
Susilaningsih (kiri) bersama putrinya, Sifa, sebagai owner dari Sambel Dede Satoe, UKM homemade di kawasan Tenggilis Timur.

SURYA.CO.ID|SURABAYA - Suasana tempat produksi Sambel Dede Satoe di kawasan Tenggilis Timur, Selasa (26/10/2021), tampak lebih sepi dibanding dua tahun yang lalu.

Ternyata kondisi itu tak lepas dari dampak pandemi covid 19 yang membuat hampir sebagian Usaha Kecil Menengah (UKM) harus gulung tikar.

Namun UKM besutan Susilaningsih, 67, yang kini dibantu putri ketiganya, Siti Fatimah, masih terlihat eksis. Bahkan UKM kelas home industri ini telah mengalami peningkatan penjualan ekspor selama pandemi berlangsung.

"Alhamdulillah kami masih bisa bertahan. Tapi memang awal pandemi lalu, kami juga merasakan kerugian terdampak pandemi," cerita Susilaningsih, usai menerima tamu yang meminta produk sambalnya bisa diekspor ke Hongkong.

Didampingi Sifa, sapaan akrab Siti Fatimah, Susilaningsih bercerita saat awal pandemi, kerugian yang diderita lebih dari Rp 60 juta.

Paling besar dari hasil return (pengembalian) produk sambel yang dijual di toko-toko modern.

"Mereka tidak bisa membayar, malah mengembalikan produk saya dalam kondisi expired," ceritanya.

Namun mereka beruntung sudah sejak tahun 2019 telah masuk ke pasar e-commerce. Saat itu revenue dari penjualan e-commerce masih sekitar 1 persen dibanding total revenue penjualan secara offline.

Tapi begitu memasuki pandemi di tahun 2020, revenue dari e-commerce mengalami peningkatan hingga 50 persen.

"Dibandingkan dengan kerugian kami yang drop sampai 70 persen, memang belum kembali. Tapi kami tetap optimis dan bersyukur karena bisa bertahan," lanjutnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved