Breaking News:

Berita Jember

Jember Diterjang Angin Kencang, 10 Pohon Tumbang dan Menutupi Jalan

Jember diterjang angin kencang pada Rabu (27/10/2021) siang, 10 pohon di beberapa kawasan tumbang.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Warga membersihkan pohon tumbang di Jl Ahmad Yani Jember, Rabu (27/10/2021) 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember menyebutkan, 10 pohon tumbang akibat angin kencang pada Rabu (27/10/2021) siang.

Peristiwa pohon tumbang itu terjadi di di Jl Brigjen Katamso Kelurahan Wirolegi Kecamatan Sumbersari, Jl Ahmad Yani Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates, Jl Sumatra Gang 9 Kecamatan Sumbersari, RTH Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates, Jl Semangka (depan SMAN 5 Jember) Kelurahan Baratan Kecamatan Patrang, Jl M Yamin Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates, Jl Koptu Berlian Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari, Jl Kotta Blater Desa Pontang Kecamatan Ambulu, Desa Garahan Kecamatan Silo, dan Jl Matrip 4 Kecamatan Patrang.

"Peristiwa bermula sekitar pukul 11.30 Wib, terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang. Mengakibatkan pohon tumbang dan beberapa menutupi jalan," ujar Sekretaris BPBD Jember, Heru Widagdo, Rabu (27/10/2021).

Beberapa pohon tumbang menutupi jalan seperti yang terjadi di Jl Brigjen Katamso Kelurahan Wirolegi, Sumbersari dan Jl Ahmad Yani Kelurahan Kepatihan, Kaliwates.

Pohon tumbang di Jl Ahmad Yani juga menimpa sebuah mobil yang parkir, yakni Honda Mobilio bernomor polisi S 1653 NL yang dikemudikan oleh M Chusnur Rofiq (38) warga Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Ketika itu Rofiq memarkirkan mobilnya di tepi jalan, dekat pohon yang akhirnya roboh. Dia meninggalkan mobilnya sekitar 5 menit ke TB Togamas. Tak berselang lama, angin kencang melanda dan sebuah pohon roboh. Batang bagian bawah pohon menimpa bagian depan mobil. Sementara, ranting pohon yang rimbun menutup bahu jalan sehingga terjadi kemacetan sekitar hampir satu jam.

Di SMAN 5 Jember, pohon tumbang menutupi jalur keluar masuk ke sekolah tersebut. Beberapa sepeda motor juga terkena sapuan ranting pohon yang ambruk.

"Tidak ada korban jiwa. Kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai musim penghujan yang mulai datang. Karena memang biasanya diawali dengan angin kencang," imbuh Heru.

Heru mengimbau, jika terjadi angin kencang sebaiknya berhenti di tempat aman. Warga jangan berteduh di bawah pohon, baliho atau atap yang rawan copot.

Pihak BPBD Jember juga meneruskan hasil pemantauan pepohonan yang rapuh ke dinas terkait untuk segera dipotong.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved