Breaking News:

Press Release

Indonesia Perlu Diversifikasi Sumber Listrik untuk Ketahanan dan Kemandirian Energi Nasional

Pemenuhan kebutuhan listrik akan diarahkan dari listrik terbarukan yang juga banyak tersedia di berbagai daerah di Indonesia.

Foto Istimewa
Diskusi interaktif lintas pemangku kepentingan, bertema : Peran Sektor Batubara dalam Menghadapi Tantangan Transisi Energi di Indonesia, Selasa (26/10/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Indonesia melihat pentingnya diversifikasi sumber listrik untuk ketahanan dan kemandirian energi nasional.

Pemenuhan kebutuhan listrik akan diarahkan dari listrik terbarukan yang juga banyak tersedia di berbagai daerah di Indonesia.

"Peran pembangkit batubara akan secara terus menerus dikurangi," kata Dr Ir Rachmat Mardiana, MA, Direktur Ketenagalistrikan, Telekomunikasi dan Informatika, Kementerian PPN/Bappenas.

Hal itu diungkapkan Rachmat saat menjadi salah satu narasumber dalam diskusi interaktif lintas pemangku kepentingan, bertema : Peran Sektor Batubara dalam Menghadapi Tantangan Transisi Energi di Indonesia, Selasa (26/10/2021).

Implementasi kebijakan tersebut membutuhkan upaya yang menyeluruh, bersinergi dan berkesinambungan.

Aspek teknis, finansial, dan juga sosial, termasuk munculnya dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, perlu dipersiapkan.

"Proses transisi juga perlu dipastikan melalui proses perencanaan pembangunan baik jangka panjang, menengah, maupun tahunan," ujar Rachmat.

Baca juga: Jelang Perubahan Musim, Warga Kabupaten Sumenep Diimbau Waspada Bencana

Indonesia memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengejar target program iklimnya, pertukaran informasi dan pengetahuan dengan negara-negara lain sangat dibutuhkan guna memperkaya khazanah sektor energi.

Dalam kesempatan yang sama, ada tiga pakar energi turut berbagi pengalaman dalam mengurangi tingkat ketergantungan pada batubara.

Kementerian Federal Ekonomi dan Energi Jerman berbagi pengalaman yang disampaikan Jan Kristof Wellershoff.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved