Breaking News:

Dukung Bisnis UMKM Berkelanjutan, BukuWarung Kuatkan Pencatatan Keuangan Digital

Disiplin pencatatan keuangan dan evaluasi berkelanjutan menjadi kunci pelaku UMKM mampu bertahan pada era menuju pascapandemi. 

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
Foto:bukuwarung
Diskusi virtual bertema "Bongkar Kunci UMKM Siapkan Bisnis Pascapandemi!” digagas aplikasi BukuWarung. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Disiplin pencatatan keuangan dan evaluasi berkelanjutan menjadi kunci pelaku UMKM mampu bertahan pada era menuju pascapandemi. 

Hal tersebut terungkap dalam diskusi virtual: “Bongkar Kunci UMKM Siapkan Bisnis Pascapandemi!” digagas oleh BukuWarung, perusahaan teknologi penyedia infrastruktur digital bagi UMKM.

Data Bank Indonesia menyebut 87,5 persen  UMKM terdampak pandemi, dan sekitar 93,2 persen mengalami penurunan penjualan dan cash flow operasional.

Temuan lain dari Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) bahkan menunjukkan bahwa sekitar 30 juta UMKM bangkrut karena pandemi.

“UMKM merupakan ujung tombak pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi. UMKM pula yang nanti akan membawa Indonesia menjadi pemain ekonomi digital terbesar se-Asia Tenggara seperti yang ditargetkan pemerintah Indonesia.

Untuk mewujudkan itu, BukuWarung percaya perlunya peningkatan kapabilitas UMKM melalui pemanfaatan teknologi,” kata Adi Harlim, Director of Merchant Experience BukuWarung, Jumat (22/10/2021).

BukuWarung menghadirkan ekosistem finansial digital untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia dalam menjalankan dan menumbuhkan bisnisnya.

Memahami karakter UMKM di Indonesia, BukuWarung menawarkan solusi yang praktis, mudah dan gratis dengan mengedepankan pengalaman penggunaan yang simpel.

"Solusi berupa aplikasi BukuWarung ini memiliki fitur utama pencatatan keuangan digital untuk membantu pelaku UMKM memantau dan mengevaluasi bisnisnya,” jelas Adi Harlim.

Studi internal BukuWarung mendapati bahwa pelaku UMKM bidang ritel (pedagang) rata-rata menghabiskan hingga 8 jam per minggu untuk pengelolaan transaksi penjualan, pengeluaran dan kredit secara manual.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved