Breaking News:

BLT BPJS Ketenagakerjaan Cair di Burekol Dipotong Biaya Administrasi? Ini Cara Mencairkannya

BLT BPJS Ketenagakerjaan cari di Buku Rekening Kolektif atau burekol, bagi bank bca dan bank swasta. Ini penjelasan soal biaya administrasi.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Musahadah
kompas.com/Nurwaidah
Ilustrasi - BLT BPJS Ketenagakerjaan cair di burekol 

SURYA.CO.ID - BLT BPJS Ketenagakerjaan terus disalurkan kepada pekerja yang berhak dan lolos verifikasi.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebut penyaluran subsidi gaji tersebut paling lambat selesai pada Oktober 2021.

Penyaluran dilakukan melalui Bank Himbara, sementara bagi pekerja yang tidak memiliki bank Himbara seperti Bank BCA atau bank swasta lainnya akan dibuatkan buku rekening kolektif atau burekol.

Lantas apakah BLT BPJS yang disalurkan melalui burekol terkena biaya administrasi?

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat kunjungan kerjanya ke Manado, Sulawesi Utara (26/9/2021) menyinggung hal tersebut

Ia menjelaskan, subsidi gaji yang diberikan sebesar RP 1.000.000 disalurkan melalui Bank Himbara tanpa potongan apapun termasuk potongan biaya administrasi.

Cara mencairkan BLT BPJS di Bank BRI

Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjelaskan Aestika Oryza Gunarto mengatakan, syarat yang dibawa cukup KTP asli dan Kartu BPJS TK fisik maupun elektronik.

Pekerka tidak perlu membawa surat rekomendasi dari HRD, sebagaiamana yang sedang ramai diperdebatkan.

"Untuk aktivasi rekening BSU yang diperlukan hanya KTP asli dan Kartu BPJS TK fisik maupun elektronik pekerja yang bersangkutan, sehingga tidak diperlukan surat rekomendasi dari HRD," jelasnya dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/10/2021).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved