Breaking News:

Berita Surabaya

Penanggulangan Covid-19 Oleh DKPP Kota Surabaya, Galakkan Urban Farming

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya memiliki program penanggulangan Covid 19 melalui pemberdayaan dengan melibatkan masyarakat

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Panen raya di Kampung Kebalen Kulon 1, Kelurahan Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Selasa (26/10/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya memiliki program penanggulangan Covid-19 melalui pemberdayaan, dengan melibatkan masyarakat yang nyata. Salah satunya adalah urban farming. Dalam sekali panen, hanya membutuhkan waktu bulan.

Kepala DKPP Kota Surabaya, Yuniarto Herlambang bersama sejumlah warga telah memanen hasil sayuran yang ditanam sejak satu bulan lalu di Kampung Kebalen Kulon 1, Kelurahan Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Selasa (26/10/2021).

Yuniarto juga menuturkan, kemarin pihaknya sudah melakukan sosialisasi beberapa bulan yang lalu.

"Materi seperti pelatihan dan hasilnya seperti bisa anda lihat ini. Karena perkotaan, jadi memang beda dengan daerah-daerah lain yang lahannya luas. Di sini karakternya berbeda," ujarnya menjelaskan.

Lebih lanjut Yuniarto memaparkan, ada sekitar 13 kampung mulai dibina sebagai urban farming. Ada juga kampung yang sudah ada berkembang dan mandiri berkat pembinaan dari awal. Target ke depan jumlahnya akan meningkat dua kali lipat.

"Mudah-mudahan kami bisa membuat kelompok-kelompok dan termasuk perkampungan urban farming. Kami dukung sarpras. Mulai beri benih, bibit, nanti juga latih untuk pemasarannya. Tapi kebanyakan sudah mencari pasar sendiri, tadi ada yang jual ke swalayan," ungkapnya.

"Memang tak lepas komitmen warga, kemudian didukung sarananya. Juga kami latih meskipun lahan sangat terbatas. Dengan melibatkan kelurahan dan kecamatan, warga nanti bisa lewat RT RW atau kelompok masyarakat. Kami latih semuanya supaya bisa dilakukan," tandas Yuniarto.

Komitmen masyarakat, menjadi hal utama dalam urban farming. Jika komitmen tinggi, maka jangan sampai setelah panen maka tidak ada kegiatan. DKPP terus memantau dan memberikan pendampingan apabila ada kendala.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved