Breaking News:

Berita Kampus Surabaya

ITS Surabaya Borong Juara Ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2021 di Malang

ITS Surabaya menjadi perguruan tinggi paling banyak meraih juara di ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Parmin
foto: tangkap layar
Pengumuman pemenang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional di UMM, Sabtu malam (23/10/2021). 

SURYA.co.id | MALANG - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjadi perguruan tinggi paling banyak meraih juara di ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021.

Event ini digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 20 sampai 23 Oktober 2021.

Kegiatan ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

“Selamat kepada para pemenang KKCBTN tahun ini. Bagi yang belum menjadi pemenang, kami yakin kalian adalah tetap para juaranya," jelas Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pupresnas, Asep Sukmayadi saat menutup resmi KKCBTN 2021, secara virtual pada Sabtu malam (23/10). 

Paling tidak, lanjutnya, mereka adalah juara yang sudah mengalahkan keengganan untuk mencoba, untuk berkarya dan untuk berinovasi.

Dalam sambutannya, Asep Sukmayadi mengungkapkan kontes kapal cepat ini merupakan wadah pengembangan talenta bidang teknik dan desain perkapalan khususnya desain dan performa kapal cepat tak berawak. 

“Melalui kontes ini, pemerintah ingin terus menanamkan kesadaran pada generasi muda bahwa kita (Indonesia) adalah negara maritim terbesar di dunia,” ujar Asep Sukmayadi. Oleh karena itu, lanjutnya, bangsa Indonesia memerlukan sumber daya muda yang memiliki kesadaran yang dalam tentang literasi spasial. 

Wakil Rektor I UMM, Prof Syamsul Arifin menyampaikan apresiasi kepada Kemendikbudristek yang telah mempercayakan kembali kepada UMM untuk menjadi tuan rumah KKCTBN ketiga kalinya sejak 2019.

Menurutnya, perhelatan KKCTBN ini mengingatkan bangsa Indonesia pada keunikan dan keunggulan budaya Indonesia sebagai bangsa bahari. 

Di samping itu, lanjut Syamsul Arifin, perlombaan ini juga menekankan generasi muda Indonesia untuk terus berinovasi. Venue semua jenis lomba dilaksanakan di Taman Sengkaling UMM.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved