Breaking News:

Berita Lamongan

Ratusan Guru Muhammadiyah di Lamongan Ikuti Bimtek Olahraga Pickleball

Para guru olahraga dan kesehatan di bawah naungan Perguruan Muhammadiyah mengikuti sosialisasi dan bimbingan tehnik olahraga Pickleball

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Hanif Mashuri
Para guru olahraga di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah mengikut Bimtek olahraga baru, Pickleball, Sabtu (24/10/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Sebanyak 125 guru olahraga dan kesehatan di bawah naungan Perguruan Muhammadiyah mengikuti sosialisasi dan bimbingan tehnik (Bimtek) olahraga Pickleball, di Gedung PDM, Sabtu (23/10/2021).

Bimtek menghadirkan narasumber Susilo, dari Univertas Negeri Jakarta (UNJ).

Dalam paparannya, Susilo mengatakan, Pickleball adalah olahraga bola yang menggabungkan unsur tenis, bulu tangkis dan tenis meja.

Dua atau empat pemain menggunakan dayung yang terbuat dari kayu atau bahan komposit untuk memukul bola polimer berlubang, dengan 26-40 lubang bundar, melewati jaring.

Olahraga ini berasal dari Amerika, negara bagian asal Bill Gates, tepatnya di Bainbridge Island, Washington.

"Barney McCallum dan Joel Prichard adalah yang menemukan permainan ini," ungkap Susilo.

Pickleball merupakan olahraga baru di Indonesia, yang resmi terbentuk pada November 2020 dengan Ketua Umum pertama Persatuan Pickleball Indonesia (PPI), Rektor Unesa, Nurhasan.

"Indonesia merupakan negara ke-5 yang mengenal Pickleball, setelah sejak 2018 Pickleball berkembang di Asia," ungkapnya.

Ditambahkan, olahraga Pickleball adalah latihan menahan beban. Pickleball secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dengan meningkatkan kepadatan tulang dan memperkuat tulang.

Kepala Dinas Pendidikan Lamongan, Munif Syarif yang turut hadir mengapresiasi sosialisasi dan bimtek olahraga Pickleball FKGM Mapel PJOK.

Ia berharap para peserta bimtek untuk mengembangkan ilmu yang didapatkan di sekolah masing-masing para guru mengajar.

Ada tiga tips agar sukses melakukan kegiatan yakni dengan 5F, focus, fast, flexible, friendly dan fun.

Selain itu harus dibarengi dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas.

Sementara, Ketua Majelis Dikdasmen PDM Lamongan, Kusnowo Sadak berharap kepada peserta sosialisasi olahraga Pickleball agar penuh kesungguhan selama mengikuti sosialisasi dan bimtek.

Bimtek dilanjutkan praktik di GOR, untuk mempelajari olahraga Pickleball yang relatif baru.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved