Breaking News:

Berita Sidoarjo

Pembuatan Paspor di Sidoarjo Bakal Lebih Mudah, Ada Mobil Layanan yang Keliling di 18 Kecamatan

Mobil layanan paspor di Sidoarjo ini terus keliling di kecamatan-kecamatan. Termasuk hari Sabtu dan Minggu tetap membuka layanan.

Penulis: M Taufik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Taufik
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor saat peluncuran mobil layanan paspor keliling di Sidoarjo, Jumat (22/10/2021). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Pembuatan paspor di Sidoarjo bakal lebih mudah. Selain ada mal pelayanan publik, pembuatan paspor bisa lewat layanan mobil paspor keliling yang resmi diluncurkan pada hari Jumat (22/10/2021) ini.

Mobil Layanan Paspor Keliling hasil kerja sama Pemkab Sidoarjo dengan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya ini, dijadwalkan keliling di 18 Kecamatan.

Mobil berjenis mini bus itu diserahkan secara langsung oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor kepada Kepala Kanimsus Surabaya, Chicco Ahmad Muttaqin di sela peluncurannya di Ponpes Al Amanah, Krian, Sidoarjo.

"Kerja sama ini akan mempercepat proses pelayanan paspor di Sidoarjo," kata Chicco yang mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono.

Selain itu, akses masyarakat terhadap penerbitan dan penggantian paspor akan semakin mudah.

"Dengan adanya kerja sama ini, kami akan semakin memperluas jangkauan pelayanan kami salah satunya dengan berkeliling ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sidoarjo," jelas Chicco.

Apalagi, saat ini pintu masuk ke luar negeri, khususnya tanah suci Mekkah juga sudah mulai dibuka. Sehingga, masyarakat Sidoarjo yang selama ini terkenal ingin menunaikan ibadah umroh, bisa semakin mudah mendapatkan paspor. Begitu juga bagi masyarakat yang membutuhkan paspor untuk kebutuhan lainnya.

Sementara menurut Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Ahmad Muhdlor, kerja sama ini adalah bentuk terobosan baru dalam pelayanan.

"Layanan pembuatan paspor jemput bola ini merupakan terobosan pelayanan publik, kebetulan kami launching bertepatan dengan Hari Santri. Sesuai dengan tema Hari Santri, yaitu Siaga Jiwa Raga, termasuk Siaga terhadap layanan publik," katanya.

Direncanakan, mobil layanan paspor ini bisa terus keliling di kecamatan-kecamatan. Termasuk hari Sabtu dan Minggu tetap membuka layanan. Karena banyak masyarakat yang mengalami kendala saat mengurus pada hari aktif kerja.

Layanan ini, masih kata Gus Muhdlor, juga untuk memotong praktik percaloan. Karena banyak masyarakat yang masih awam dengan ketentuan mengurus paspor.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved