Breaking News:

Liga 1

Kontroversi Persebaya vs Persela, PSSI Siapkan Sanksi Wasit Usai Kejadian Gol Jose Wilkson Dianulir

Sejumlah pertandingan Liga 1 dan Liga 2 sedang mendapat sorotan publik bola Indonesia lantaran beberapa keputusan wasit yang kontoversial

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Fatkhul Alami
Bolanas.com
Kontroversi Persebaya vs Persela, PSSI Siapkan Sanksi Wasit Usai Kejadian Gol Jose Wilkson Dianulir 

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejumlah pertandingan Liga 1 dan Liga 2 sedang mendapat sorotan publik bola Indonesia lantaran beberapa keputusan wasit yang kontoversial. Terbaru, gol striker Persebaya Surabaya ke gawang Persela Lamongan di BRI Liga 1 2021/2021 tak disahkan wasit Mustofa Umarella.

Hal itu dikarenakan kinerja pengadil lapangan dalam memimpin pertandingan memicu kontroversi. Rencananya, PSSI akan melakukan investigasi terhadap sejumlah wasit.

Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh mengaku, dirinya akan melakukan evaluasi terhadap kinerja perangkat pertandingan. Jika ditemukan ada kesalahan, PSSI tentu akan memberikan sanksi sesuai dengan tingkatannya.

"Yang dimaksud dengan kesalahan sesuai dengan tingkatannya ialah kesalahan kategori sedang akan diistirahatkan selama beberapa laga. Kesalahan berat akan diturunkan menjadi wasit Liga 2. Bahkan jika kesalahannya sangat fatal akan diberhentikan," jelas Ahmad Riyadh menjawab Surya.co.id, Jumat (22/10/2021).

Ahmad Riyadh menambahkan, kesalahan fatal wasit jika dibiarkan bisa mengubah pertandingan. Dia ingin agar semua wasit yang bertugas di Liga 1 dan 2 lebih fokus dan konsentrasi.

"Sehingga tidak ada kesalahan elementer yang kemudian menjadi respons negatif dari klub, netizen, sponsor, bahkan pemerintah," tegas Ahmad Riyadh.

Ahmad Riyadh yang juga menjabat Ketua Asprov PSSI Jatim ini memastikan, sanksi nanti akan mengacu aturan dari FIFA, AFC, dan AFF. Karena kemungkinannya ada dua. Kalau human error, maka bisa dibina. Kecuali jika ditemukan indikasi match fixing atau kesalahan fatal lainnya.

"Nanti tunggu saja investigasi yang kami lakukan," jelas Riyadh.

Ketua Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh.
Ketua Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh. (Istimewa/Instagram PSSI Jatim)

Dirinya memaparkan, beberapa keputusan wasit yang dianggap kontroversial sejak laga pertama BRI Liga 1 2021 diantaranya di laga Persik Kediri lawan Bali United, penalti Bhayangkara FC saat menghadapi Persiraja Banda Aceh, laga Arema FC vs Persija Jakarta, laga Persebaya vs Persela dan Kalteng Putra dan PSBS.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved