Breaking News:

Berita Gresik

Ini Pesan Bupati Gresik dalam Peringatan Hari Santri Nasional 2021

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021

Penulis: Willy Abraham | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Pemkab Gresik
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat memimpin upacara Hari Santri Nasional tahun 2021 di lapangan Kantor Pemerintah Gresik, Jumat (22/10/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 yang diadakan di lapangan kantor Pemerintah Kabupaten Gresik, Jumat (22/10/2021).

Hari Santri Nasional Sendiri sejatinya diperingati setiap tanggal 22 Oktober berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Hal ini merujuk pada tercetusnya resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober, yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi kemerdekaan Indonesia yang dalam perkembangannya menjadi awal terjadinya peristiwa heroik 10 November.

Pada Tahun 2021 ini, Hari Santri Nasional mengusung tema "Santri Siaga Jiwa Raga".

Bupati Gresik Gus Yani mengatakan Hari Santri suatu bentuk pernyataan sikap yang tegas, santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raganya untuk membela tanah air serta mempertahankan persatuan Indonesia.

Baca juga: Gempa Malang Terasa di Kabupaten Kediri, BPBD : Belum Ada Laporan Kerusakan

Siaga jiwa, ungkap Bupati Yani, berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah nilai dan ajaran Islam rahmatan lil alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

"Jiwa santri hari ini memiliki peran untuk tidak akan memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang akan mengancam persatuan dan kesatuan negara republik Indonesia," terangnya.

"Siaga raga berarti badan tubuh dan tenaga buah karya santri di dedikasikan untuk Indonesia. Oleh karena itu santri tidak pernah lelah dan terus berkarya untuk Indonesia" sambung Bupati Yani.

Gus Yani juga mengungkapkan bahwa santri Indonesia mendapat kado menjelang Hari Santri Nasional, yaitu dengan ditekennya perpres no 82 tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren, peraturan Presiden ini secara khusus mengatur mengenai dana abadi pesantren yang dialokasikan untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia pendidikan pesantren.

"Mari para Santri kita mendoakan para pahlawan, terutama para ulama, kyai dan santri yang syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama," tuturnya.

Upacara dalam Peringatan Hari Santri Nasional yang diadakan hari ini merupakan rangkaian dari acara peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Gresik.

Upacara juga dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Forkopimda Kabupaten Gresik, serta elemen Ormas keagamaan yang ada di Kabupaten Gresik.

BACA BERITA GRESIK LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved