Breaking News:

Berita Jember

Dapat Dukungan Gus Menteri, Desa-Desa di Wilayah Jember Segera Diperkuat Jaringan Internet

Pihaknya meminta dukungan dari Kemendes karena Desa Pintar bertujuan menjadikan desa-desa di Kabupaten Jember memiliki basis teknologi

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
Kominfo Jember for Surya
Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri) dan Bupati Jember Hendy Siswanto 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Program Smart Village atau Desa Pintar di Kabupaten Jember yang merupakan salah satu program unggulan duet Bupati-Wakil Bupati Jember, Hendy Siswanto-MB Firjaun Barlaman, bakal segera terwujud. Lewat smart village ini, nantinya desa-desa sampai pelosok akan diperkuat jaringan internet sehingga mendukung pelayanan berbasis digital.

Bahkan untuk segera mewujudkan program tersebut, Bupati Hendy mendatangi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Bupati Hendy bersama Ketua DPRD Jember M Itqon Syauqi bertemu dengan Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Kamis (21/10/2021).

"Waktu di Jakarta kemarin, saya memang melakukan sejumlah kunjungan, termasuk ke Kementerian Desa PDTT, bertemu dengan Gus Menteri langsung. Hal ini dalam rangka percepatan untuk mewujudkan program Smart Village di Jember," ujar Bupati Hendy, Jumat (22/10/2021).

Pihaknya meminta dukungan dari Kemendes karena Desa Pintar bertujuan menjadikan desa-desa di Kabupaten Jember memiliki basis teknologi. "Kemendes sangat mendukung, dan dalam waktu dekat akan ada yang datang ke Jember untuk melihat," imbuh Hendy.

Untuk mewujudkan Smart Village itu pula, Pemkab Jember segera mengalokasikan pembelian perangkat komputer untuk semua desa dan kelurahan di Jember. Perangkat komputer itu nantinya juga didukung oleh jaringan internet.

Melalui Smart Village, diharapkan layanan bisa diberikan secara cepat juga secara digital. Pemakaian teknologi informasi, kata Hendy, juga diharapkan membuat desa dan kelurahan semakin maju dan modern. Ini mirip dengan program smart kampung yang sudah lama berjalan di wilayah tetangga Jember, yaitu Banyuwangi.

"Nantinya juga memaksimalkan Dana Desa dan ADD, Pemkab Jember bersama kepala desa dan pendamping desa akan merencanakan, melaksanakan dan memanfaatkan program menuju kemandirian desa," tegas Hendy.

Program Jember Smart Village sendiri merupakan salah satu substansi dari sembilan program unggulan Bupati Hendy Siswanto dan Wabup MB Firjaun Barlaman. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved