Breaking News:

HUT Ke 20 Kota Batu

Tokopedia Menjangkau UMKM yang Kesulitan Sinyal

Meskipun sinyal menjadi kendala besar bagi UMKM yang biasanya berada di daerah untuk memasarkan produk secara online.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Parmin
surya.co.id/sulvi sofiana
Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia dalam webinar dan talkshow nasional dalam rangka HUT ke-20 Kota Batu. 

SURYA.co.id | BATU  - Perkembangan dunia digital menjadi peluang besar bagi UMKM untuk memperluas pasarnya.

Meskipun sinyal menjadi kendala besar bagi UMKM yang biasanya berada di daerah untuk memasarkan produk secara online.

Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia dalam webinar dan talkshow nasional dalam rangka HUT ke-20 Kota Batu dengan tema "Revitalisasi Kebangkitan UMKM", menjelaskan tokopedia mampu  menjangkau UMKM yang mungkin kesulitan sinyal.

"Misi tokopedia mencapai pemerataan ekonomi secara digital,"urainya dalam acara yang diadakan  Harian Surya, Tribun Jatim Network dan Pemkot Batu ini, Kamis (21/10/2021).

Ia mencontohkan pemilik UMKM di Probolinggo, Manis. Manis merupakan penjual kopi yang tinggal di lereng Gunung Argopuro. 

Setelah sebelumnya sempat bekerja di Balikpapan sebagai penjual kosmetik selama 10 tahun, ia pun memutuskan untuk kembali ke kampung halaman akibat pandemi, dan mulai menjual kopi dari hasil panen petani setempat. 

"Dalam menjalankan bisnisnya, tak sedikit rintangan yang dihadapi. Demi mendapatkan sinyal dan mengantarkan pesanan, Manis perlu berjalan kaki dan menempuh perjalanan berkilo-kilo,"urainya.

Perjuangan Manis tidak sia-sia, melalui toko online-nya “Jualan Masboy”,  produk kopi petani lereng Gunung Argopuro yang dipasarkan olehnya kini dapat dinikmati oleh masyarakat luas bahkan hingga ke Kalimantan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved