Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Stok Vaksin di 17 Daerah Jatim Menipis, Satgas Covid-19: Artinya Distribusinya Gencar

Stok vaksin Covid-19 17 daerah di Provinsi Jawa Timur mulai menipis. Hal tersebut sebagaimana data dari Satgas Covid-19 Jawa Timur.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Istimewa
Ketersediaan Vaksin di Jawa Timur per 20 Oktober 2021 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Stok vaksin Covid-19 17 daerah di Provinsi Jawa Timur mulai menipis. Hal tersebut sebagaimana data dari Satgas Covid-19 Jawa Timur.

Pasalnya, stok vaksin di 17 kabupaten/kota di Jatim yang status stoknya menipis tersebut diprediksi akan habis dalam waktu seminggu ke depan.

Daerah yang paling tipis stok vaksinnya adalah Kabupaten Pamekasan, disusul Kabupaten Tuban, kemudian Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Jember.

Kemudian Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik dan Kota Madiun.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur, Makhyan Jibril Al Faraby mengatakan, bahwa memang satgas memiliki pemetaan untuk memonitor stok vaksin di berbagai daerah yang ada di Jawa Timur.

Dalam pemetaan tersebut dibagi menjadi empat kategori. Yang pertama yaitu daerah yang aman dengan warna biru, artinya stok vaksinnya masih aman hingga 14 hari ke depan.

Kemudian daerah dengan indikator warna hijau, stok vaksinnya masih bisa digunakan dalam waktu 10 hingga 14 hari. Dan warna kuning, stok vaksinnya masih bisa digunakan dalam waktu 7 hingga 10 hari.

Sedangkan yang indikatornya warna merah adalah yang stok vaksinnya hanya bersisa untuk pendistribusian dalam waktu 7 hari ke depan.

"Sebenarnya tidak masalah jika stok vaksinnya menipis. Itu artinya daerah tersebut gencar melakukan vaksinasi. Justru daerah yang stoknya sudah menipis bisa segera melapor, maka pusat akan segera mengirimkan," kata Jibril, Kamis (21/10/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa sesuai sistem baru, stok vaksin pada daerah hanya disuplai lewat dua opsi. Yang pertama adalah disuplai dari pemerintah pusat setelah pengajuan, atau yang dua ditransfer dari stok buffer yang dimiliki provinsi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved