Breaking News:

Berita Nganjuk

Ukur Tingkat Sinergitas dalam Bekerja, Setiap Kecamatan di Nganjuk Harus Lakukan Penilaian Sendiri

Seperti diketahui, ada beberapa aspek yang dilihat dalam penilaian sinergitas kinerja dan evaluasi pemcam di Nganjuk.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad amru muiz
Tim penilai dalam lomba sinergitas kinerja dan evaluasi Pemerintah Kecamatan di Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Penilaian terhadap kinerja aparatur pemerintahan bisa dilakukan secara mandiri guna mengukur sejauh mana objektifitas dalam bekerja. Metode penilaian mandiri itu sudah diterapkan Pemkab Nganjuk kepada pemerintah kecamatan (pemcam) agar mengetahui keberhasilan sinergitas kinerja dan evaluasi hasil kerjanya.

Dengan metode ini, aparatur kecamatan diminta mengevaluasi dan menilai kondisi wilayahnya sendiri. Meski begitu, pemkab tetap mengirim tim penilai ke setiap kecamatan.

Sekretaris Tim Penilai Sinergitas Kinerja Kecamatan Pemkab Nganjuk, Sarwo Widodo menjelaskan, tim penilai yang datang ke kecamatan hanya untuk memastikan apa yang telah disampaikan dalam sinergitas kinerja dengan bukti pendukung administrasi.

"Dari bukti administrasi yang disampaikan dalam evaluasi sinergitas kinerja kecamatan itu, bisa diketahui kebenarannya," kata Sarwo Widodo, Rabu (20/10/2021).

Dijelaskan Sarwo, pada penilaian sinergitas pemcam sekarang ini memang harus melampirkan bukti pendukung. Yaitu berupa administrasi untuk setiap hal yang dilaporkan.

Di mana selaku pegawai, menurut Sarwo, semua laporan kinerja harus diperkuat dengan bukti administrasi. Dan kedatangan tim penilai kinerja Kecamatan bukan untuk memilih juara. Akan tetapi harus mengerti dan mengetahui proses serta apa yang harus dikerjakan pemcam.

Sarwo mengingatkan dari penilaian itu diharapkan bisa memperoleh gambaran secara teliti atas upaya yang telah dan sedang akan dikembangkan pemcam. Terutama yang sesuai dengan fungsi dan perannya.

"Jadi apabila dokumen administrasi sudah sesuai dengan laporannya, nanti bisa membantu. Baik itu pertanggungjawaban akuntabilitas ataupun yang lain. Dari sini camat bisa mengukur apa yang kurang dan harus dilengkapi," ujar Sarwo.

Dan sekcam selaku pejabat pembuat komitmen, tambahnya, akan bertugas meneliti semua kelengkapan serta keabsahannya apakah bisa dipertanggungjawabkan atau belum.

"Itu semua sebagai evaluasi tim penilai. Diharapkan semua personel kecamatan sesuai dengan formasi dan struktur untuk dapat mengetahui tugas dan kewajibannya," tutur Sarwo.

Seperti diketahui, ada beberapa aspek yang dilihat dalam penilaian sinergitas kinerja dan evaluasi pemcam di Nganjuk. Terdiri dari aspek penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, penyelenggaraan pelayanan terpadu kecamatan, penyelenggaraan tugas atribut, dan pelaksanaan tugas delegatif.

Dan yang turut dinilai adalah inovasi atau kreativitas, pengelolaan anggaran kecamatan, termasuk pelaksanaan tugas lainnya. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved