Breaking News:

Berita Surabaya

SPP SMA Siswa MBR Gratis, DPRD Kota Surabaya Juga Minta Pemprov Jatim Gratiskan Uang Gedung

Diharapkan anak-anak di Surabaya bisa mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Biaya pendidikan jangan sampai jadi kendala, pemerintah wajib hadir.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Nuraini Faiq
Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti mengapresiasi sinergi Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terkait sinkronisasi data pelajar SMA/SMK dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Sinergi tersebut mestinya bisa melengkapi program beasiswa pendidikan siswa SMA/SMK yang mulai tahun depan diberlakukan. Di dalamnya menggratiskan SPP juga seragam siswa MBR.

"Saya mengapresiasi langkah cepat pemkot bersama pemprov. Saya berharap pemprov nantinya dapat membantu sekolah SMA/SMK swasta untuk dukungan sarana dan prasarana," ucap Reni, Rabu (20/10/2021).

Pada tahun 2022 mendatang, Pemkot Surabaya menggulirkan anggaran senilai Rp 47,7 miliar khusus untuk beasiswa pelajar SMA/SMK dalam bentuk seragam dan SPP bagi pelajar dari keluarga MBR.

"Jangan sampai pelajar SMA/SMK yang sudah dibantu pemkot melalui biaya SPP dan seragam gratis ternyata masih dikenai uang gedung. Harapannya ini dapat menjadi tanggung jawab pemprov," sambung politisi PKS ini.

Diketahui, bahwa SMA/SMK merupakan wewenang dari Pemprov Jatim. Karenanya, Reni meminta agar semestinya Pemprov Jatim memberikan bantuan bagi pelajar dari keluarga MBR di sekolah swasta agar tidak dikenakan uang gedung.

"Saya sering dapat aduan kesulitan uang gedung, mohon agar pelajar Surabaya dari keluarga MBR tidak dikenai biaya gedung saat masuk SMA/SMK. Saya memahami sekolah swasta juga perlu pendanaan. Karenanya semoga APBD pemprov dapat membantu pendanaan," harap Reni.

Reni berharap, anak-anak Surabaya bisa mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Biaya pendidikan jangan sampai jadi kendala, pemerintah wajib hadir. Termasuk mencukupi biaya investasi pendidikan sehingga tidak dibebankan kepada siswa MBR.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved