Breaking News:

Berita Jember

Keracunan Karbondioksida, Warga Jember Pingsan Saat Menguras Sumur Sedalam 15 Meter

Selain warga, evakuasi Sugiono dari dalam sumur juga melibatkan petugas pemadam kebakaran Kabupaten Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
PMK Jember
Petugas Pemadam Kebakaran Komando Pos Kota mengevakuasi warga yang pingsan saat menguras sumur di Kecamatan Jelbuk, Selasa (19/10/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Sugiono (45), warga Dusun Krajan Timur Desa/Kecamatan Jelbuk pingsan saat menguras sumur, Selasa (19/10/2021) siang. Beruntung peristiwa itu diketahui tetangganya, sehingga Sugiono bisa mendapatkan pertolongan secara cepat. Sugiono berhasil diselamatkan meski harus dirawat di Puskesmas Jelbuk.

Selain warga, evakuasi Sugiono dari dalam sumur juga melibatkan petugas pemadam kebakaran Kabupaten Jember.

Kapolsek Jelbuk, AKP Dwiko Sulistiono menuturkan, peristiwa itu terjadi ketika Sugiono menguras sumur rumahnya bersama tetangganya. Awalnya, pengurasan sumur dilakukan memakai timba (ember). "Awalnya menguras memakai ember karena tidak maksimal maka akhirnya pakai alat penyedot air," ujar Dwiko, Selasa (19/10/2021).

Alat penyedot air itu menimbulkan asap di dalam sumur. Ketika sumur disedot memakai alat, Sugiono dan warga berada di bibir sumur. "Setelah asap dirasa hilang, korban ini turun ke dalam sumur. Kok tahu-tahu pingsan," imbuh Dwiko.

Kemungkinan besar, Sugiono kekurangan oksigen karena dalam sumur masih dipenuhi karbondioksida. Warga sekitar berusaha menolong Sugiono memakai alat seadanya. Namun karena tidak berhasil, warga menghubungi Pemadam Kebakaran Pos Komando Kota. Petugas pemadam pun meluncur ke lokasi kejadian.

Petugas menolong korban memakai peralatan 'vertical rescue' untuk turun ke sumur berkedalaman 15 meter itu. Petugas menemukan Sugiono dalam kondisi lemas di dalam sumur. Setelah berhasil diselamatkan, Sugiono langsung dilarikan ke Puskesmas Jelbuk.

"Korban selamat. Sore ini kondisinya semakin membaik, nanti sudah boleh pulang," pungkas Dwiko. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved