Breaking News:

Berita Magetan

Tempat Sampah di Pinggir Telaga Sarangan, Magetan yang Bikin Kumuh bakal Dipindah

Tempat penampungan sampah di pinggir Telaga Sarangan, Magetan akan dipindah ke Kecamatan Poncol, Magetan.

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Parmin
surya.co.id/doni prasetyo
Wisatawan penunggang kuda melewati tempat penampungan sampah di tepi Telaga Sarangan Magetan. 

SURYA.CO.ID | MAGETAN - Tempat penampungan sampah di pinggir Telaga Sarangan, Magetan yang membuat kumuh pemandangan dan menjijikan wisatawan akan dipindah ke Kecamatan Poncol, Magetan.

"Kita sudah lakukan pembahasan, upaya penanganannya sudah kita bicarakan bersama antara Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH),"kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan Joko Trihono, kepada Surya, Senin (18/10).

Menurut Joko Trihono, menumpuknya sampah organik dan anorganik di tempat penampungan tepi jalan Selatan Telaga Sarangan karena, sesuai keteranga staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan, menunggu restribusi sampah masuk.

"Sampah menumpuk di penampungan karena, informasi dari staf DLH, menunggu restribusi sampah masuk (terkumpul),"kata Kadin Parbud lewat whatsappnya.

Dikatakan Joko Trihono,  bulan November depan, diharapkan tempat penampungan sampah (TPS) akan dipindahkan ke singolangu, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

"Nantinya penanganan sampah dengan 3R (Reduce/Kurangi, Reuse/Gunakan kembali, Recycle/Daur ulang).Sehingga penanganan sampah di obyek wisata Sarangan, Magetan bisa selesai,"kata Joko Trihono.

Letak penampungan sampah di tempat wisata Sarangan, selama ini banyak dikeluhkan wisatawan dan pelaku wisata warga setempat. 

Selain sampah yang diletakkan dipinggir jalan umum Selatan Telaga Sarangan membuat kumuh, sehingga merusak pemandangan alam Gunung Lawu. Juga menjijikan, karena tak jarang sampah sampah itu tercecer dijalanan yang dilewati wisatawan.

"Tidak hanya merusak pemandangan, bau sampah itu kalau sudah ditampung menumpuk, tercium sampai portal kedua pinggir Telaga Sarangan kalau ada angin dari Selatan ke Utara,"kata Pak Win pemilik salah satu hotel ternama di Sarangan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved