Breaking News:

Berita Surabaya

Surabaya Usulkan Tambah Uji Coba Pembukaan Tempat Rekreasi, KBS dan SNQ lebih Dulu Dibuka

Pariwisata di Surabaya mulai bergerak setelah dua tempat wisata,  Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Surabaya North Quay (SNQ) kembali beroperasi.

Penulis: Sheila Respati | Editor: Parmin
surya.co.id/habibur rohman
Suasana Wisata Perahu Kalimas di Surabaya biasanya menjadi jujukan warga Kota untuk berekreasi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pariwisata di Kota Surabaya bertahap mulai bergerak setelah dua tempat wisata,  Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Surabaya North Quay (SNQ) kembali beroperasi.

Saat ini, Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya kembali mengusulkan tambahan tempat wisata untuk bisa ikut uji coba pembukaan ke Kementerian Pariwisata. 

"Kami sudah diskusi dengan Kementerian, bagaimana uji coba (pembukaan) bisa ditambah untuk destinasi (wisata) yang lain," kata Kepala Disbudpar Surabaya, Antiek Sugiharti dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (16/10/2021). 

Ada sejumlah tempat wisata di Surabaya yang siap buka untuk bisa ikut uji coba pembukaan. Di antaranya, sejumlah Museum yang dikelola Pemkot Surabaya. 

Saat ini, Pemkot Surabaya mengelola tujuh Museum, di antaranya, Museum Sepuluh November, Museum WR Supratman, Museum Surabaya, Museum HOS Tjokroaminoto, Museum dr Soetomo, Museum pendidikan, dan Museum Olahraga Surabaya. Kemudian, Museum Tugu Pahlawan. 

Ada juga sejumlah tempat wisata lainnya yang ikut diusulkan, yakni wisata air Kalimas hingga Atlantis Land. 

Memastikan kesiapan hal ini, masing-masing tempat wisata telah mengikuti assesment untuk mendapatkan sertifikat Cleanliness, Health, Safety and Enviromental Sustainability (CHSE) di Kementerian Pariwisata. 

"Ada banyak (yang telah mengurus CHSE). Beberapa di antaranya yang kami kelola. Seperti Museum, Kalimas, Kenjeran, Atlantis, beberapa tempat yang lain," kata Antiek. 

Ada sejumlah penilaian dalam asesmen tersebut. Misalnya, SOP protokol kesehatan (prokes), kapasitas ruangan, penanganan apabila ada pengunjung ada yang sakit hingga penggunaan energi (listrik dan air).

"Ini bagian dari (persyaratan) CHSE, termasuk jumlah pengunjung. Ada Asesmen juga. Jadi, akan dilihat, jumlah pengunjung, jalur masuk dan keluar, hingga penerapan 3M," katanya. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved