Breaking News:

Ajinomoto Semprotkan Pupuk Ajifol dengan Teknologi Drone guna Dukung Pertanian Berkelanjutan

Monosodium Glutamat (MSG) PT Ajinomoto Indonesia diproses menggunakan Bio Cycle.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
Foto:ajinomoto indonesia
Pupuk Ajifol dari Ajinomoto Indonesia yang diaplikasikan dengan drone.  

SURYA.co.i | SURABAYA - Monosodium Glutamat (MSG) PT Ajinomoto Indonesia diproses menggunakan  Bio Cycle.

Bahan baku utama produksi MSG menggunakan tetes tebu yang melalui proses fermentasi, dari proses produksi tersebut dihasilkan produk samping pupuk Ajifol atau Ajinomoto Foliar Fertilizer.

"Ajifol memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman mulai dari awal tanam hingga panen," kata Yudho Koesbandryo, Factory Manager sekaligus Direktur PT Ajinomoto Indonesia, Minggu (17/10/2021).

Ajifol juga memiliki kandungan asam amino berkualitas tinggi di dalamnya. Mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit, sehingga dapat mengurangi pemakaian pestisida dan lebih ramah terhadap lingkungan.

Sebagai salah satu cara efektif dan efisien terhadap penggunaan air, sumber daya manusia, dan penghematan biaya, termasuk mendukung budidaya pertanian berkelanjutan, Departemen Agriculture Development (Agri Dev), PT Ajinomoto Indonesia baru-baru ini melakukan inovasi penyemprotan Ajifol dengan menggunakan teknologi drone.

Yudho menjelaskan, sejalan dengan Ajinomoto Share Value (ASV) perusahaan, pihaknya mulai melakukan pengolahan produk samping (By Product) yang dalam prosesnya mengacu pada Eco Activity dan Bio Cycle.

"Yang dapat diolah menjadi produk dengan nilai jual (Co Product), salah satunya pupuk Ajifol yang telah dilengkapi dengan izin edar dari Kementerian Pertanian RI," ungkap Yudho.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, pihaknya pun mulai membantu beberapa komunitas petani padi, jagung, dan tebu yang berada di daerah Jawa Timur, yaitu Mojokerto, Madiun dan Malang dengan mengenalkan Ajifol sebagai Co Product yang dapat membantu menjaga pertumbuhan tanaman.

"Agar menghasilkan panen dengan kualitas terbaik serta menyediakan jasa aplikasi Ajifol menggunakan drone," ujar Yudho.

Saat ini, Ajifol memiliki dua varian, yaitu Ajifol D untuk pertumbuhan vegetatif tanaman (akar, batang, daun) dan Ajifol B untuk pertumbuhan generatif tanaman (bunga dan buah).

Penggunaannya cukup mudah, dengan menambahkan air terlebih dahulu sesuai takaran, Ajifol bisa langsung disemprotkan ke bagian tanaman.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved