Breaking News:

Berita Tulungagung

Pohon Raksasa di Punden Keramat Tulungagung Terbakar Api Dupa, Kini Malah Rawan Ambruk

Nyala api yang melalap pohon jenis apak ini terjadi pada Kamis (14/10/2021), dan berlanjut sampai Jumat (15/10/2021).

Penulis: David Yohanes | Editor: Deddy Humana
surya/david yohanes
Petugas Damkar menyemprotkan air ke arah pohon apak di Punden Mbah Driyo Kesumo Tulungagung. 

SURYA.CO.ID, TULUNGAGUNG - Nasib pohon raksasa di punden Mbah Driyo Kesumo di Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut seperti tinggal menunggu waktu. Karena pohon yang dikeramatkan itu terbakar selama dua hari terakhir akibat terpercik api dari dupa yang ditinggalkan peziarah.

Nyala api yang melalap pohon jenis apak ini terjadi pada Kamis (14/10/2021), dan berlanjut sampai Jumat (15/10/2021).

Menurut Kabid Damkar Satpol PP Tulungagung, Gatot Sunu, pohon ini sebelumnya sudah terbakar, Kamis (14/10/2021) sekitar pukul 21.00 WIB. “Kami mendapat laporan tentang pohon yang terbakar ini, kemudian kami padamkan. Kemudian kami balik pulang,” terang Gatot, Jumat (15/10/2021).

Namun pada Jumat (15/10/2021) siang, Gatot kembali menerima laporan kebakaran di lokasi yang sama. Satu mobil pemadam kebakaran dan satu tangki penyuplai kembali dikirim untuk memadamkan api.

Kali ini api berkobar di bagian atas pohon yang sulit dijangkau jika dipadamkan dengan cara manual. “Ternyata pohon ini growong (berlubang di bagian tengahnya). Api merembet dari bawah di bagian yang lubang ini,” sambung Gatot.

Dari penelusuran, api diduga berasal dari dupa yang dibakar di bagian bawah pohon. Sebelumnya ada warga yang berziarah dengan membakar dupa, dan tidak dimatikan saat ia pergi.

Sementara di lokasi banyak sampah dedaunan kering serta tiupan angin kencang. “Dari dupa itu membakar sampah daun-daun, lalu membakar pohon. Setelah semalam ditinggal, api muncul lagi di bagian atas pohon,” ungkap Gatot.

Butuh beberapa orang untuk bisa melingkari bagian bawah pohon ini. Meski terlihat kokoh ternyata bagian dalamnya berlubang dan mengering. Kini setelah terbakar pohon ini rawan tumbang. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved