Breaking News:

Kusnadi : Kader PDIP Harus Matang Memahami Pancasila

“Kader PDI Perjuangan harus matang soal Pancasila. Ini ideologi berbangsa dan bernegara kita, dimana PDI Perjuangan menjadi bagian di dalamnya,”

Penulis: M Taufik | Editor: Rahadian Bagus
surya/bobby constantine koloway
Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Kusnadi 

SURYA.CO.ID|SIDOARJO - Kader PDIP harus benar-benar matang memahami pancasila. Sebab pancasila merupakan ideologi dalam berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Kusnadi. "Dan itu tidak bisa ditawar," kata Kusnadi, Kamis (14/10/2021).

Materi itu juga yang disampaikan dan ditekankan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk calon kader pemula di Sekolah Partai Wisma Perjuangan PDIP Jatim di Kota Batu, Jumat hingga Minggu, 15-17 Oktober 2021.

Menurutnya, kaderisasi tingkat pratama ini sangat penting untuk menyiapkan kader-kader PDIP supaya menjadi perekat kebhinekaan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Kader PDI Perjuangan harus matang soal Pancasila. Ini ideologi berbangsa dan bernegara kita, dimana PDI Perjuangan menjadi bagian di dalamnya,” kata Kusnadi.

Melalui kaderisasi, calon-calon kader diberikan pemahaman terhadap Pancasila.
Mulai dari nilai-nilai dari setiap sila, Pancasila dalam praktik keseharian, hingga bagaimana Pancasila menjadi nafas dalam setiap kebijakan penyelenggaraan pemerintahan hingga tingkat desa.

Dengan pemahaman utuh terhadap Pancasila, para kader diharapkan bisa menjadi perekat atau penguat keberagaman di lingkungan masing-masing.

Sekaligus mencegah paham-paham ekstrimisme masuk ke Indonesia.

“Dengan memahami Pancasila secara otomatis mencegah berkembangnya ideologi transnasional ataupun ekstrimisme. Sebab Pancasila itu sendiri antitesa dari ekstrimisme,” tegas Kusnadi.

Selain Pancasila, dalam kegiatan ini para kader digembleng dengan materi metode berfikir Bung Karno, AD/ART dan pogram-program perjuangan PDIP.

Sebanyak 115 peserta adalah para anggota Partai dari 38 kabupaten dan kota di Jatim yang belum pernah mengikuti kaderisasi. Khususnya, anggota yang menjabat pada posisi kepengurusan PAC atau setingkat kecamatan.(ufi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved