Breaking News:

Berita Lamongan

Awasi Kualitas Air Bengawan Solo, DLH Lamongan Pasang Onlimo dan Sipola

Dinas Lingkungan Hidup Lamongan telah memasang peralatan online monitoring (Onlimo) untuk memantau kualitas air Bengawan Solo.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Hanif Mashuri
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi di acara launching Onlimo dan Aplikasi Smart identification Pohon Lamongan (Sipola) di pelataran kantor DLH, Jumat (15/10/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Warga Lamongan kini tidak perlu bimbang dalam memanfaatkan air baku dari Bengawan Solo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah memasang peralatan online monitoring (Onlimo) dan setiap saat kualitas air bisa diketahui.

Dengan Onlimo, bisa pastikan kapan air baku itu bisa dimanfaatkan atau tidak untuk kepentingan mandi cuci kakus (MCK), termasuk pertanian dan pengelolaan budidaya ikan.

"Dinas Lingkungan Hidup membangun terobosan bernama 'Onlimo' untuk memantau kualitas air secara kontinyu, otomatis dan online," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lamongan, Anang Taufik di hadapan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat acara launching Onlimo dan Aplikasi Smart identification Pohon Lamongan (Sipola) di pelataran kantor DLH, Jumat (15/10/2021).

Terobosan yang dilakukan DLH, kata Anang merupakan bentuk tanggungjawab perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui upaya menjaga kualitas badan air agar sesuai peruntukannya.

Perangkat Onlimo ditempatkan di Desa Parengan Kecamatan Maduran.

Onlimo adalah sistem yang mampu menyajikan data kualitas air secara real time dan kontinyu selama 24 jam.

Onlimo terdiri dari unit sensor otomatis yang dilengkapi alat pembersih sensor yang mampu menganalisa 11 parameter kualitas air diantaranya BOD, COD, DO, pH, Nitrate, TSS, TDS, Conductivity, Salinity, Turbidity, Ammonium.

"Termasuk data logger dan telemetri system untuk menyimpan data dan sensor. Sumber energi berupa panel surya dan pusat data yang terdiri dari PC dan smart TV," kata Anang.

Onlimo alatnya dipasang di Bengawan Solo. Dan dengan alat ini bisa secara real time melihat 11 parameter uji kualitas air. Alat ini juga terkoneksi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sehingga yang bisa memantau kondisi air di Bengawan Solo secara real time.

Selain Onlimo, juga dilaunching aplikasi Sipola yang difungsikan untuk mengidentifikasi jenis pohon, manfaat dan jumlahnya di Lamongan, didukung dengan sistem penamaan pohon dengan barcode.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved