Breaking News:

Berita Surabaya

Tanggapan Dewan Pendidikan Soal Wacana Kelas Khusus Bagi Anak Ber-IQ di Atas Rata-rata di Surabaya

Dewan Pendidikan Jatim menanggapi wacana program kelas khusus bagi pelajar SD-SMP yang memiliki IQ di atas rata-rata

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Anggota Dewan Pendidikan Jatim, M Isa Anshori. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, melalui Dinas Pendidikan sedang menyiapkan program kelas khusus bagi pelajar SD-SMP, yang memiliki IQ di atas rata rata. Peserta kelas khusus ini berasal dari SD dan SMP baik swasta maupun negeri.

Menanggapi wacana tersebut, Anggota Dewan Pendidikan Jatim, M Isa Anshori menuturkan, berkaitan dengan kebijakan yang akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya itu, merupakan niat yang cukup baik dan diapresiasi.

"Tetapi sebetulnya sama dengan menarik mundur pendidikan Kota Surabaya ke era 20 tahun yang lalu. Karena, tahun 2021 filosofi pendidikan adalah pendidikan yang merdeka belajar, pelajar Pancasila dan berkaitan dengan Peraturan Pemerintah nomor 57 tahun 2021 yang menekankan pada kompetensi," ujarnya, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, setiap kemampuan anak hendaklah dihargai dan perlu dilayani untuk diasah. Sehingga, hal yang mendesak serta perlu dilakukan oleh Pemkot Surabaya adalah memetakan semua potensi anak-anak yang ada di masing-masing sekolah.

"Kemudian mendorong kawan-kawan guru di masing-masing sekolah. Untuk kemudian diajari bagaimana menggali, menumbuhkembangkan potensi-potensi yang dimiliki setiap anak," ucapnya.

Sehingga, lanjut Isa, terciptalah filosofi pendidikan pelajar Pancasila. Muncul kegotong royongan, kemandirian, serta saling sinergi. Kalau mereka dibuatkan kelas khusus, apalagi dipilih dengan seleksi, maka anak yang ber-IQ tinggi ini menimbulkan sebuah hal yang berbeda.

"Pendidikan di Kota Surabaya menjadi sangat eksklusif dan itu akan membangun kasta-kasta baru di dalam pendidikan Surabaya," tuntasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved