Breaking News:

Berita Kediri

Seniman Jaranan di Kota Kediri Bakal Gelar Pertunjukan Simulasi di GOR Jayabaya

Seniman Jaranan yang tergabung dalam Aliansi Seniman Kota Kediri berencana menggelar pertunjukan simulasi yang berlangsung di GOR Jayabaya.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Didik Mashudi
Kesenian Jaranan sewaktu menggelar pentas simulasi saat pandemi Covid-19 di Kota Kediri. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Seniman Jaranan yang tergabung dalam Aliansi Seniman Kota Kediri berencana menggelar pertunjukan simulasi yang berlangsung di GOR Jayabaya.

Sesuai rencana, pertunjukan simulasi ini akan dilaksanakan pada Minggu (17/10/2021), mulai pukul 11.00 - 16.00 WIB.

Koordinator Aliansi Seniman Kota Kediri, M Hanif menjelaskan, simulasi pertunjukan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Pada kegiatan pertunjukan simulasi di ruangan indor GOR Jayabaya, akan tampil kelompok seni jaranan Mayangkoro Original Pecut Samandiman.

Sedangkan teknis pelaksanaan pertunjukan simulasi berikut pengamanan prokes, masih bakal dibahas pada rapat koordinasi di Kantor Disbudparpora Kota Kediri.

Panitia pertunjukan simulasi rencananya akan membatasi penonton dengan seleksi di pagar dan pintu masuk GOR Jayabaya.

"Rencananya penonton melihat pertunjukan di kursi tribun. Hanya khusus pemain dan kru yang di bawah," jelas M Hanif, Kamis (14/10/2021).

Untuk urusan pengaturan prokes dan seleksi penonton, diharapkan ada keterlibatan dari petugas keamanan, satgas Covid dan Satpol PP Kota Kediri.

Hanif tidak memungkiri kemungkinan bakal membeludaknya penonton yang memang sudah rindu dengan kegiatan kesenian jaranan.

"Sekarang sekolah-sekolah sudah masuk, mal juga sudah dibuka dan bioskop juga sudah mulai operasional. Kami berharap kesenian jaranan sudah boleh lagi menggelar pertunjukan," ungkapnya.

Saat ini, terdapat sekitar 165 grup kesenian jaranan di Kota Kediri. Masing-masing grup beranggotakan sekitar 50 orang pemain.

Sesuai rencana, elemen dari Aliansi Seniman Kota Kediri bakal menggelar audiensi dengan anggota DPRD Kota Kediri.

"Surat permohonan audiensi sudah kami kirim. Rencananya Minggu depan kami dapat audiensi dengan anggota dewan," ungkapnya.

Salah satu yang bakal diperjuangkan selain diperbolehkan seniman menggelar kegiatan, juga dibukanya kembali tempat hiburan dan karaoke.

"Banyak pekerja tempat hiburan yang telah dirumahkan selama ditutup karena pandemi Covid," ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved