Breaking News:

Berita Magetan

Selain Perbaiki Kualitas Layanan, Ratna Juga Harus Menghapus Sitgma Negatif RSUD Magetan

Sujatno juga meminta Dirut RSUD dr Sayidiman yang baru dilantik memiliki visi misi dan strategi meningkatkan SDM setempat

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Deddy Humana
surya/doni prasetyo
drg Ratnawati (kanan) dikukuhkan sebagai Direktur Utama (Dirut) definitif RSUD dr Sayidiman, Kabupaten Magetan, Kamis (14/10/2021). 

SURYA.CO.ID, MAGETAN - Banyak stigmatisasi yang disematkan masyarakat kepada rumah sakit (RS) daerah, tetapi sulit diuraikan satu per satu. Tetapi imbauan agar menghilangkan stigma negatif tentang rumah sakit itu juga dipesankan kepada srg Ratnawati, Direktur Utama (Dirut) RSUD dr Sayidiman Kabupaten Magetan.

Ratna resmi diangkat sebagai Dirut RSUD Magetan itu pada pelantikan yang dipimpin Wakil Bupati Magetan, Naniek Sumantri di pendopo kabupaten, Kamis (14/10/2021).

Sudah pasti banyak pesan dan imbauan kepada dirut baru terutama terkait kualitas pelayanan kesehatan. Dan harus bisa menghapus stigma kurang baik masyarakat kepada rumah sakit daerah.

Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Sujatno juga berharap Ratnawati bisa semakin meningkatkan pelayanan tanpa membedakan strata sosial. Sujatno juga menyebut soal stigma negatif tentang rumah sakit.

“Rumah sakit daerah punya tugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, utamanya warga kurang mampu dengan baik. Melayani dengan baik itu, berobat segera sembuh. Hentikan stigma negatif tentang rumah sakit, beri sugesti positif kepada pasien agar cepat sembuh," ujar Sujatno.

Sujatno juga meminta Dirut RSUD dr Sayidiman yang baru dilantik memiliki visi misi dan strategi meningkatkan SDM setempat, menuju manajemen yang baik sehingga pasien sembuh puas dengan pelayanannya.

Hanya, Sujatno tidak menguraikan apa bentuk stigmatisasi kepada RSUD dan apa yang memicunya. "Yang penting hilangkan stigma negatif tentang RSUD dr Sayidiman, tekadkan memberikan pelayanan prima kepada pasien tanpa memandang strata sosial," ujar mantan Cabup 2019 ini.

Drg Ratnawati sebelumnya menjabat sebagai Plt Dirut di RSUD dr Sayidiman selama enam bulan. Bahkan sebelum menjabat plt, ia juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan (Bidyan) di RSUD setempat.

Jadi wajar bila Ketua DPRD meminta Ratnawati meningkatkan pelayanan yang sudah dicapai selama ini. Dan mengutamakan pelayanan kepada warga kurang mampu.

Pelantikan drg Ratnawati sebagai dirut definitif itu disaksikan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan seluruh anggota forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Magetan.

Wabup Magetab, Naniek Sumantri berpesan agar Ratnawati sebagai Dirut RSUD baru bisa memberikan energi positif dan memotivasi karyawan dan tenaga kesehatan setempat untuk memberikan pelayanan prima dan ikhlas.

"Tingkatkan mutu keselamatan pasien. Lakukan inovasi teknologi, guna pelayanan rumah sakit yang mudah diakses, agar bisa memberikan informasi tepat dan akurat bagi masyarakat," ujar Naniek.

Tidak hanya itu, Naniek berharap rumah sakit menjadi rumah sehat, artinya dengan melihatnya saja masyarakat yang sakit berangsur sembuh. "Yang utama pelayanan prima tanpa pandang status dan strata sosial pasien," pungkasnya. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved