Breaking News:

Berita Jember

PMI Jember Habiskan 4.000 Dosis Sinovac Selama Sepekan, Meski Belum Menyentuh Semua Penghuni Lapas

Menurut Ketua PMI Kabupaten Jember, EA Zaenal Marzuki, PMI Jawa Timur memberikan bantuan 5.000 dosis Sinovac ke PMI Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Kegiatan vaksinasi massal yang digalang PMI Jember, Kamis (14/10/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Vaksinator Palang Merah Indonesia (PMI) sudah menyuntikkan 4.000 dosis vaksin Covid-19 selama sepekan terakhir hingga Kamis (14/10/2021). Vaksin yang didistribusikan oleh PMI Jember adalah jenis Sinovac, bantuan dari PMI Jawa Timur.

Menurut Ketua PMI Kabupaten Jember, EA Zaenal Marzuki, PMI Jawa Timur memberikan bantuan 5.000 dosis Sinovac ke PMI Jember. "Alhamdulillah, selama sepekan ini sudah 4.000 dosis disuntikkan kepada warga dari 5.000 dosis yang tersedia," ujar Zaenal, Kamis (14/10/2021).

Sisa 1.000 dosis, lanjut Zaenal, sudah terencana untuk didistribusikan ke sejumlah titik. Gelontoran ribuan dosis tersebut merupakan upaya dari PMI Jember untuk membantu capaian vaksinasi di Kabupaten Jember.

Vaksinator PMI Jember menyasar sejumlah tempat, seperti pondok pesantren, desa, juga Lapas Kelas IIA Jember.

Seperti yang dilakukan Kamis (14/10/2021), PMI Jember melakukan vaksinasi di sebuah rumah warga di Dusun Jubung Lor, Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi. PMI bekerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Jubung untuk melakukan vaksinasi di tempat itu.

Rupanya animo masyarakat tinggi. Karena dari 200 dosis yang disediakan, warga yang meminta vaksinasi mencapai 400 orang. Akhirnya PMI Jember menambah jumlah dosis.

"Kami mendekatkan diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jika sebelumnya vaksinasi digelar di balai desa, kini kami gelar di rumah warga Dusun Jubung Lor," ujar Kepala Desa Jubung, Bhisma Pradana.

Ketika layanan didekatkan ke warga, lanjut Bhisma, capaian vaksinasi lebih maksimal. Sebab, warga kadang kala terkendala waktu kerja jika lokasi vaksinasi jauh dari rumahnya.

Sementara sebelumnya pada Rabu (13/10/2021), PMI Jember melakukan vaksinasi di Lapas Kelas IIA Jember. Vaksinasi itu menyasar 400 orang penghuni lapas tersebut. Mereka mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Vaksinasi di Lapas Jember akan terus dilakukan, karena belum semua penghuni (napi dan tahanan) mendapatkan vaksinasi. Total hingga Rabu (13/10/2021) kemarin, ada 934 orang penghuni Lapas Jember.

Berdasarkan data yang didapatkan SURYA, sejauh ini capaian vaksinasi di Kabupaten Jember mencapai sekitar 30 persen dari jumlah sasaran vaksinasi untuk 1,9 juta orang. ***

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved