Breaking News:

Berita Pasuruan

Petani Kedelai Hitam di Pasuruan Mulai Panen Raya

Puluhan petani kedelai hitam di wilayah Pandaan, Kabupaten Pasuruan mulai panen raya, Kamis (14/10/2021) pagi.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Galih Lintartika
Puluhan petani kedelai hitam di wilayah Pandaan, Kabupaten Pasuruan mulai panen raya, Kamis (14/10/2021) pagi. 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Puluhan petani kedelai hitam di wilayah Pandaan, Kabupaten Pasuruan mulai panen raya, Kamis (14/10/2021) pagi.

Solikhin, Sekretaris Kelompok Tani Sidodadi Desa Kebonwaris mengatakan, panen raya sebetulnya sudah dimulai sejak akhir bulan September.

Khususnya, kata dia, varietas detam (kedelai hitam) 4 yang berumur lebih genjah (paling cepat panen).

Dari hasil panen detam 4 diperoleh rata-rata hasil biji 2,61 hektare dengan kadar air 12%.

Sedangkan untuk perkiraan hasil kedelai hitam yang dipanen dalam satu hektare bisa mencapai 2,40 - 2,80 ton dengan rerata (rata-rata panen) 2,59 ton per hektare.

"Kalau rata-rata ya 2,5 ton per hektare. Tapi yang paling banyak kami panen ya detam 4 karena lebih genjah atau waktu panennya lebih cepat, cuma 82 hari sejak ditanam," katanya.

Kedelai Hitam milik Solikhin dan petani lainnya memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga diminati pabrikan yang memproduksi kecap.

Kata Solikhin, saat ini sudah siap 3 ton detam 4 yang akan dikirim ke perusahaan kecap di Probolinggo. Dari kesepakatannya, kedelai hitam miliknya dijual dengan harga Rp 8.500 per kilogram.

"Ke depannya, kami akan terus mengirim hingga memenuhi target yang dipatok oleh perusahaan tersebut, yakni 260 ton," jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya menjelaskan, realisasi tanam kedelai di Kabupaten Pasuruan pada tahun 2020 lalu seluas 1.942 hektare.

Sedangkan realisasi panen justru lebih luas, yakni mencapai 2.006 hektare dengan produksi sebesar 2.960 ton selama setahun.

Namun, kondisi sampai dengan September kemarin, luas tanam kedelai di Kabupaten Pasuruan semakin menurun menjadi 1.508 hektare.

"Meski luas tanam kedelai semakin menurun, tapi produksinya tetap terjaga. Contohnya petani kedelai hitam di Kebonwaris bisa memproduksi 260 ton kedelai hitam yang dibeli oleh Pabrik Kipas Sate di Probolinggo," urainya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved