Breaking News:

Berita Bangkalan

Memacu Vaksinasi di Bangkalan Sampai 70 Persen, Dandim 0829 Ajak Tepis Ego Sektoral dan Bersinergi

Personel-personel babinsa, babinkamtibmas di setiap kecamatan, hingga nakes di puskesmas-puskesmas dioptimalkan.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad faisol
Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto memimpin Rombongan Altar 1989 meninjau gelar bakti sosial dan vaksinasi oleh Alumni Akabri 1989 di Aula Ponpes Nurul Cholil, Kelurahan Demangan, Bangkalan, Rabu (13/10/2021). 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Data Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur per 10 Oktober 2021 menempatkan Kabupaten Bangkalan masih di urutan 35 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Rangking 35 itu didapatkan Bangkalan atas total capaian 26,10 persen vaksinasi dosis pertama dan 11,10 persen dosis kedua.

Sedangkan capaian vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) telah menyentuh angka 70,14 persen.

Tentu saja capaian vaksinasi di bawah 50 persen membuat semua lintas sektoral mulai dari desa dan kecamatan di Kabupaten Bangkalan menanggalkan ego sektoral. Sebaliknya, semua harus bergandengan tangan dalam bingkai ‘Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’.

Personel-personel babinsa, babinkamtibmas di setiap kecamatan, hingga nakes di puskesmas-puskesmas dioptimalkan. Setiap hari, lokus serbuan vaksinasi digelar lebih dari 80 lokasi seperti di pasar-pasar tradisional, tempat wisata, pusat perbelanjaan, lembaga pendidikan, hingga pondok pesantren.

Tidak cukup di situ, vaksinasi juga dilakukan dengan sistem jemput bola atau door to door ke kawasan pemukiman. Seperti yang dilakukan Koramil Arosbaya, Kamis (14/10/2021). Dengan harapan, target harian 20.000 dosis vaksin tercapai.

Dandim 0829 Bangkalan sekaligus Wakil Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan, Letkol Inf Syarifuddin Liwang menegaskan, sinergitas semua pilar dan semua lini menjadi satu untuk memaksimalkan pencapaian vaksinasi hingga mencapai angka 70 persen dari total sekitar 1 juta warga Bangkalan.

“Bukan ego sektoral lagi, vaksinasi di semua lini kami mainkan. Sekarang saya tidak lagi berbicara tentang Kodim tetapi Bangkalan secara keseluruhan. Bagaimana caranya agar 70 persen dari 1.066.000 warga Bangkalan tervaksin semua,” tegas Syarifuddin kepada SURYA.

Seperti diketahui, pencapaian cakupan vaksinasi menjadi salah satu indikator dalam menentukan level PPKM. Seperti yang tertuang pada poin kedua Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 di Jawa dan Bali.

“Kalau target, kami pasang paling tinggi, semaksimal mungkin. Kami menargetkan di setiap kecamatan semaksimal mungkin, semuanya bersinergi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Rabu (13/10/2021), Alumni Akabri 1989 menggelar bakti sosial dan vaksinasi dengan tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh dalam rangka HUT Ke-76 TNI di Aula Ponpes Nurul Cholil, Kelurahan Demangan, Bangkalan.

Hadir sejumlah Perwira Tinggi TNI yang tergabung dalam rombongan Altar 1989. Di antaranya Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kepala Pusat Laboratorium Lemhanas RI Marsma TNI Suroto, Komandan Kodikdukum Kodiklatal Laksma TNI Budiharjo.

Terpisah, Wakil Bupati Bangkalan, Drs Mohni, MM bersama Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan, Muhammad Fahad meninjau gelaran vaksinasi di tiga lokasi sekaligus, Kamis (14/10/2021).

Dua pimpinan Eksekutif dan Legislatif Kabupaten Bangkalan itu memulai tinjauan vaksinasi di Desa Junganyar, Kecamatan Socah, dilanjutkan ke Ponpes Al Rohmany Al Ishaqy Desa Naroan, Kecamatan Burneh, dan berakhir di Desa Benangkah, Kecamatan Burneh.

“Vaksinasi sebagai bagian dari ikhtiar, upaya strategis dan intensif guna menghentikan laju penyebaran Covid-19. Sekaligus meningkatkan kekebalan kelompok atau herd immunity dari paparan Corona,” kata Mohni.

Mohni mengimbau masyarakat segera memanfaatkan vaksinasi karena hingga sejauh ini, stok vaksin di Bangkalan masih banyak. “Kami bersama Polres dan Kodim Bangkalan selaku tiga pilar untuk menggenjot pencapaian cakupan vaksinasi,” pungkas mantan Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan itu. *****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved