Breaking News:

Berita Surabaya

Komisi D DPRD Kota Surabaya Buka Suara Soal Kelas Khusus Bagi Anak Ber-IQ di Atas Rata-rata

Komisi D DPRD Kota Surabaya buka suara terkait wacana Dindik Kota Surabaya menyiapkan kelas khusus bagi pelajar SD dan SMP dengan IQ di atas rata-rata

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Sekretaris Komisi D DPRD Kota Surabaya Akmarawita Kadir. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Komisi D DPRD Kota Surabaya buka suara terkait wacana Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyiapkan kelas khusus bagi pelajar SD dan SMP dengan IQ di atas rata-rata.

Sekretaris Komisi D, Akmarawita Kadir mengatakan, sebenarnya untuk menentukan siswa memiliki kemampuan di atas rata-rata bukan hanya dilihat dari IQ saja.

"Ada peran soft skill di dalamnya. Banyak orang yang memiliki IQ tinggi, tapi di masyarakat tidak bisa menunjukkan kemampuannya. Kalau bisa indikator pengukuran anak-anak yang di atas rata-rata ditambahkan," ujarnya, Kamis (14/10/2021).

Politisi Golkar tersebut menambahkan, kemampuan pengukuran baik komunikasi, tingkah laku, etika juga perlu diperhatikan. Karena memang penilaian seseorang tidak hanya berdasarkan pengetahuan, tapi juga menyangkut afektif.

"Yang penting transparan dan tidak hanya mengandalkan IQ saja. Pengetahuan, skill, afektif, 3 unsur baru bisa dikatakan di atas rata-rata," ucapnya.

"Selain itu, ini juga bisa dijadikan program akselerasi," sambungnya.

Akmarawita juga berpesan, pemerintah harus transparan dan tidak menimbulkan masalah-masalah baru pada siswa. Supaya mereka tidak merasakan diskriminasi. Baginya, perlunya indikator yang jelas bertujuan agar siswa tahu bentuk penilaian.

"Jadi pemerintah tidak terkesan asal pilih saja," tuntasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved