Breaking News:

Berita Trenggalek

Investasi Pertanian dan UMKM di Trenggalek Naik Pesat saat Pandemi, Mas Ipin Jabarkan Kemudahan Izin

Investasi beberapa sektor di Kabupaten Trenggalek naik signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama saat pandemi Covid-19.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat membuka Sosialiasi Kebijakan Penanaman Modal, Kemitraan dan OSS RBA, Kamis (14/10/2021). 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Investasi beberapa sektor di Kabupaten Trenggalek naik signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama saat pandemi Covid-19.

Setidaknya, ada dua sektor yang kenaikkannya paling mencolok, yakni sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pertanian.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjabarkan, sektor UMKM mengalami kenaikan yang fenomenal. Yakni 423 persen dari Rp 9,267 miliar pada 2019 menjadi Rp 39,022 miliar pada 2020.

Sementara sektor pertanian juga naik drastis dari dari Rp 4,8 miliar menjadi Rp 9,9 miliar, atau 203 persen dalam kurun waktu yang sama.

“Saya cukup senang, di Kabupaten Trenggalek dengan beberapa hal yang telah kami lakukan dan juga bagaimana ketangguhan masyarakatnya pada masa pandemi ini. Beberapa investasi naik cukup signifikan,” kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu saat membuka Sosialiasi Kebijakan Penanaman Modal, Kemitraan dan OSS RBA, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, inovasi dalam pengurusan izin investasi menjadi salah satu kunci naiknya beberapa sektor usaha.

Maka dari itu, ia terus mendorong jajarannya untuk terus mensosialisasikan kemudahan-kemudahan baik yang berupa kebijakan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Dengan sosialisasi yang baik, Mas Ipin meyakini, akan lebih banyak masyarakat yang akan tertarik untuk mengurus izin usahanya. Sehingga mereka bisa mendapat banyak manfaat.

Beberapa program kemudahan investasi itu, salah satunya, layanan online single submission (OSS) berbasis risiko atau RBA (risk based approach) yang terintegrasi secara nasional.

Selain itu, Pemkab Trenggalek juga memiliki Kafe Pelayanan Publik yang mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan di Kabupaten Trenggalek.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved