Breaking News:

Berita Gresik

Gara-Gara Dana CSR Dialihkan dari Yayasan ke Desa, Kades di Gresik Diperiksa Kejari

Lebih lanjut Rusdianto menambahkan, bahwa keterangan yang disampaikan kepada penyidik hanya terkait dana CSR dari perusahaan

Penulis: Sugiyono | Editor: Deddy Humana
surya/mochamad sugiyono
Kantor Balai Desa Roomo, Kecamatan Manyar Gresik. Kades Roomo dipanggil Kejari Gresik terkair dana CSR, Kamis (14/10/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK – Pengelolaan dana CSR (Corporate Social Responsibility) dari pihak swasta ke pemerintah desa memang tidak mudah, salah sedikit saja sudah berujung pelaporan. Itu pula yang dialami Rusdiyanto, Kepala Desa (Kades) Roomo, Kecamatan Manyar Gresik yang mengaku sampai dipanggil Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik gara-gara CSR.

Rusdiyanto pun memenuhi panggilan kejari untuk menjalani pemeriksaan. Tetapi ia mengaku hanya diminta keterangan tentang dana CSR, yang awalnya dikelola sebuah yayasan kemudian dialihkan pengelolaannya ke desa.

“Benar, saya dimintai keterangan terkait dana CSR. Hanya soal itu saja,” tutur Rusdiyanto ketika ditemui di Balai Desa Roomo, Kamis (14/10/2021).

Lebih lanjut Rusdianto menambahkan, bahwa keterangan yang disampaikan kepada penyidik hanya terkait dana CSR dari perusahaan yang awalnya dikelola yayasan, kemudian dikelola oleh desa. “Hanya terkait itu saja. Dana CSR yang dulunya dikelola yayasan, sekarang dikelola Desa,” imbuhnya.

Pemanggilan Kades Roomo oleh kejari ini menjadi perhatian masyarakat desa. Sebab sebelumnya perwakilan warga telah mengadukan dugaan penyalahgunaan anggaran oleh kades pada November 2019.

Beberapa kegiatan di Desa Roomo yang dilaporkan ke kejari di antaranya adalah dana CSR dari perusahaan sekitar desa dan penyewaan aset tanah kas desa.

“Dalam laporan ke kejari pada akhir 2019 itu, banyak masalah anggaran yang dilaporkan. Mudahan-mudahan kali ini benar-benar ditindaklanjuti. Laporannya sejak 2019, berarti sampai sekarang hampir dua tahun,” kata warga yang enggan menyebutkan namanya.

Sementara Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Gresik, Dymas Adji Wibowo belum bisa dimintai penjelasan tentang pemanggilan Rusdiyanto. Saat dihubungi melalui telepon selulernya, Dymas tidak mengangkat. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved