Breaking News:

Berita Gresik

Untuk Kedua Kalinya, Kabupaten Gresik Meraih Anugerah Parahita Ekapraya Menteri PPPA

Kabupaten Gresik meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Utama selama 2 kali berturut-turut.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Willy Abraham
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani bersama Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah memegang penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, Rabu (13/10/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Penghargaan demi penghargaan tingkat nasional terus diterima Kabupaten Gresik. Kali ini penghargaan datang dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, berupa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Anugerah Parahita Ekapraya, merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam menjalankan Amanat Presiden No 9 Tahun 2000 dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Acara penyerahan penghargaan yang berlangsung secara virtual hari Rabu (13/10/2021) ini, yang dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (RI) Bintang Puspayoga,dan diikuti oleh seluruh kementrian/lembaga dan pemerintah daerah se-Indonesia.

Dengan diraihnya penghargaan hari ini, Kabupaten Gresik menorehkan sejarah baru, karena berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Utama selama 2 kali berturut-turut.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menuturkan, semangat 'Gresik Baru' berkomitmen tidak akan meninggalkan siapapun, baik perempuan maupun laki-laki di usia anak, dewasa maupun lanjut usia. Baik yang tinggal di perkotaan maupun pelosok kepulauan. Serta kelompok rentan dengan kebutuhan khusus.

"Alhamdulilah Gresik di tahun 2021 mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia adalah apresiasi sekaligus penyemangat kerangka capaian yang pastikan semua pihak ambil bagian dalam terwujudnya pembangunan yang responsif,yang mamou memberikan manfaat sebesar-sebesarnya kepada semua orang di Kabupaten Gresik," terang Gus Yani.

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPP) Kabupaten Gresik, Saifudin Ghozali mengungkapkan rasa syukur atas diraihnya penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Menurutnya, penghargaan tersebut memiliki arti bahwa pembangunan berbasis gender di Kabupaten Gresik sudah diakui.

Meraih penghargaan ini, lanjut Saifudin, tidak mudah, tetapi akan terus dijadikan motivasi untuk terus maju.

"Penghargaan ini sejatinya merupakan penghargaan dari pemerintah pusat bagi semua, ini penghargaan yang tidak mudah sebenarnya, tetapi akan terus kami tingkatkan," tambahnya.

Ke depan, KBPP Gresik menetapkan target untuk naik tingkat, yaitu meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Mentor.

"Setelah menerima penghargaan ini, kami akan melakukan evaluasi, apa yang menjadi kekuatan kita, apa yang menjadi kelemahan kita. Sehingga dalam penghargaan berikutnya kami akan mencapai target level tertinggi, yaitu tingkat mentor," ujarnya.

Saifudin juga memberikan apresiasi kepada semua penggiat organisasi perempuan atas konsentrasinya terhadap pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Selain itu, ia juga mengajak perempuan di Kabupaten Gresik untuk bangkit dan mandiri.

"Masyarakat, terutama perempuan, harus sadar bahwa pemberdayaan yang paling baik adalah yang bersifat mandiri dan ini pastinya akan terus didukung oleh kami yang berada di pemerintahan daerah," tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved