Breaking News:

Berita Situbondo

Ikuti Sukses Provinsi Jatim, Bupati Situbondo Dorong OPD Programkan Penurunan Angka Kemiskinan

masalah yang dipaparkan oleh gubernur itu merupakan motivasi, sehingga setiap daerah bisa meningkatkan prestasi di berbagai bidang.

Penulis: Izi Hartono | Editor: Deddy Humana
surya/izi hartono
Bupati Karna Suswandi menyerahkan nasi tumpeng kepada Wakil Bupati Nyai Khoiriyah dalam peringatan HUT Proinsi Jawa Timur di Pendopo Kabupaten Situbondo. Rabu (13/10/2021) 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Peningkatan perekonomian dan pengurangan angka kemiskinan bak menjadi dua hal yang berkaitan, terutama di Kabupaten Situbondo. Persoalan kemiskinan yang masih disinggung saat peringatan HUT Provinsi Jatim, Rabu (13/10/2021), menginspirasi Situbondo agar ikut menurunkannya.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi pun menegaskan bahwa pihaknya akan memproritaskan pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahtetaan masyarakat Situbondo.

"Sambutan ibu Gubernur Jatim tentang kemiskinan masih secara umum, dan bukan menunjuk masing-masing kota dan kabupaten," ujar Bupati Karna usai mengikuti HUT Provinsi Jawa Timur secara virtual di Pendopo Kabupaten Situbondo, Rabu (13/10/2021).

Meski demikian, kata Bung Karna, masalah yang dipaparkan oleh gubernur itu merupakan bentuk motivasi, sehingga ke depannya setiap daerah bisa meningkatkan prestasi di berbagai bidang.

"Bagaimana kemiskinan menurun dan pertumbuhan ekonomi semakin meningkat. Seperti yang diraih Provinsi Jawa Timur yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen, " kata mantan Kadis PUPR Bondowoso ini.

Ia menambahkan, meningkatnya pertumbuhan ekonomi Jatim juga ada kontribusi dari masing-masing kabupaten/kota. Karena itulah Pemkab Situbondo akan terus mendorong perekonomian masyarakat terus tumbuh dan berkembang.

Dan untuk menurunkan angka kemiskinan itu, pihaknya akan mendorong peran serta dari semua OPD. Terutama OPD yang memiliki program untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut. "Tolong dicatat ya, saat saya dilantik kali pertama, angka kemiskinan di Situbondo masih 12 koma sekian," ujarnya.

Tidak diuraikan lebih jauh apa program pengentasan kemiskinan dari Bupati Karna. Ia kemudian menyinggung permintaan tambahan 100.000 dosis vaksin kepada pemprov.

Karena dosis itu dipersiapkan untuk menyambut kunjugan Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin ke Pondok Pesantren Salafi Syafiiyah, Sukorejo yang akan memantau pelaksanaan vaksinasi tersebut. "Itu nanti akan diikuti vaksinasi massal di 17 kecamatan dan 20 puskesmas, " terang Bung Karna.

Terkait capaian vaksinasi di Situbondo, Bung Karna mengungkapkan sejauh ini sudah mencapai sebesar 46,8 persen. "Pada 19 September 2021 kita berada diangka 16,5 persen, tetapi belum sebulan sudah 46,8 persen. Insya Allah dalam waktu tidak lama kita akan mencapai 50 persen, " kata Bung Karna.  ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved